elektro

Perbedaan Transformator Step Up dan Step Down

Berbicara mengenai transformator kita semua sudah tahu mengenai jenis-jenis transformator. Trafo sendiri memiliki dua fungsi utama yaitu menaikkan tegangan dan menurunkan tegangan....

Written by arga · 2 min read >
perbedaan transformator step up dan step down

Berbicara mengenai transformator kita semua sudah tahu mengenai jenis-jenis transformator. Trafo sendiri memiliki dua fungsi utama yaitu menaikkan tegangan dan menurunkan tegangan. Sehingga ada dua jenis trafo secara umum yaitu transformator step up dan step down. Tentunya ada perbedaan dari ciri-ciri hingga prinsip kerja antara transformator step up dan step down.

Transformator Step Up dan  Step Down

perbedaan trafo step up dan step down

Trafo step up dan step down mempunyai peran penting pada sistem distribusi listrik. Kedua jenis trafo ini berfungsi sebagai jembatan bagi listrik dari pembangkit listrik hingga sampai ke rumah-rumah penduduk.

Berikut adalah ringkasan proses distribusi listrik :

  1. Sebuah energi listrik harus ditransmisikan pada tegangan tinggi karena jauhnya jarak antara pembangkit listrik dan rumah penduduk. Pada tahap ini listrik mengalir dari generator menuju trafo daya. Pada trafo daya berjenis step up ini tegangan dinaikkan. Tegangan yang tinggi akan membuat arus listrik menurun, namun tetap dengan daya yang sama. Tujuannya untuk mengurangi kehilangan daya secara signifikan karena panjangnya penghantar serta jangkauan distribusi listrik yang luas.
  2. Kemudian setelah pada trafo daya, listrik ditransmisikan melalui jaringan listrik. Jaringan listrik berperan menjadi jalan penghubung antara sistem transmisi pada level tegangan yang berbeda yakni tegangan tinggi, menengah dan rendah.
  3. Dilanjutkan pada ttrafo step down yang menurunkan level tegangan dari tinggi ke lebel distribusi yaitu tegangan rendah.
  4. Pada tahap akhir, level tegangan yang telah menurun sebesar 220 V sudah siap untuk didistribusikan ke rumah-rumah penduduk.

Perbedaan Transformator Step Up dan  Step Down

Sebenarnya secara fisik tidak ada perbedaan mencolok antara trafo step up dan trafo step down, karena bentuknya yang hampir sama. Sehingga untuk melihat perbedaanya harus melihat spesifikasi dari kedua jenis trafo tersebut.

KeteranganTrafo Step UpTrafo Step Down
FungsiUntuk menaikkan tegangan listrik.Untuk menurunkan tegangan listrik.
TeganganTegangan Output lebih tinggi dibanding dengan Teganngan Input.Tegangan Output lebih rendah dibanding dengan Teganngan Input.
ArusArus Kumparan Primer lebih besar dari Kumparan |Sekunder.Arus Kumparan Primer lebih kecil dari Kumparan |Sekunder.
KumparanJumlah lilitan kumparan primer lebih sedikit dari lilitan kumparan sekunder.Jumlah lilitan kumparan primer lebih banyak dari lilitan kumparan sekunder.
Besar Tegangan Output220v, 11kV, atau selebihnya.antara 5V hingga 110V.
Ukuran KonduktorKawat kumparan primer lebih besar dibanding dengan kumparan sekunder.Kawat kumparan primer lebih kecil dibanding dengan kumparan sekunder.
PenggunaanPada Inverter, Transmisi energi listrik, mesin X-ray.Perangkat elektronik (TV, charger, adaptor, radio, dll)

Transformator Step Up

transformator step up
koesrow.blogspot,com

Trafo Step Up merupakan jenis trafo yang memiliki fungsi untuk menaikkan tegangan AC pada nilai tertentu dari tegangan primer menuju sekunder yang tergantung dari jumlah lilitan pada trafo tersebut.

Meski tegangan naik namun daya listrik dan frekuensinya tetap sama dan tidak berubah. Transformator step up merupakan salah satu jenis trafo yang paling sering digunakan dalam kebutuhan listrik.

Pada trafo step up yang berukuran kecil biasanya digunakan pada perangkat listrik yang memerlukan penaik tegangan seperti inverter. Inverter sendiri merupakan salah satu perangkat listrik yang berguna utnuk menaikkan tegangan yang banyak digunakan pada panel surya, rangkaian motor listrik maupun air conditioner (AC).

Sementara pada trafo step up yang memiliki ukuran kecil biasanya digunakan untuk menaikkan tegangan yang berasal dari generator di pembangkit listrik. Untuk menjadikan lebih efisien, tegangan pada generator dinaikkan terlebih dahulu menjadi tinggi sebelum ditransmisikan.

Ciri-Ciri Transformator Step Up

Ciri-ciri trafo step up secara umum antara lain :

  • Jumlah lilitan pada kumparan primer selalu lebih sedikit bila dibandingkan dengan kumparan sekunder ( Np < Ns).
  • Memiliki tegangan primer yang juga lebih kecil dibandingkan dengan tegangan sekundernya ( Vp < Vs).
  • Sementara untuk besarnya kuat arus primer lebih besar dibanding kuat arus sekunder (Ip > Is).

Transformator Step Down

transformator step down
koesrow.blogspot.com

Trafo step down merupakan jenis trafo yang memiliki fungsi untuk menurunkan tegangan AC untuk menghasilkan tegangan yang lebih kecil sesuai dengan kebutuhan proyek elektronika.

Trafo step down bisa dikatakan lebih banyak digunakan dibanding dengan trafo step up. Misalnya pada power supply yang menggunakan trafo step down, penggunaannya dimanfaatkan pada sebagian besar perangkat elektronika seperti amplifier, radio, charger, booster antena tv dan sebagainya.

Pada sebuah rangkaian elektronika, trafo step down sering digunakan pada catu daya, baik itu catu daya yang sudah teregulasi maupun yang belum teregulasi.

Ciri-ciri Transformator Step Down

Ciri-ciri trafo step down secara umum antara lain :

  • Jumlah lilitan pada kumparan primer selalu lebih besar bila dibandingkan dengan kumparan sekunder ( Np > Ns).
  • Memiliki tegangan primer yang juga lebih besar dibandingkan dengan tegangan sekundernya ( Vp > Vs).
  • Sementara untuk besarnya kuat arus primer lebih kecil dibanding kuat arus sekunder (Ip < Is).

Trafo step down memiliki ukuran yang berbagai jenis tergantung dari arus output yang dapat dikeluarkan oleh trafo tersebut. Semakin besar arus yang dapat dikeluarkan oleh sebuah trafo step down, maka dimensi trafo tersebut juga semakin besar.

Hal karena selain diameter lilitan sekunder yang lebih besar (berbanding lurus dengan kemampuan arus yang dikeluarkan), maka ukuran inti besi secara langsung juga semakin besar untuk dapat menopang gaya gerak listrik induksi elektromagnet dari kumparan primer ke kumparan sekunder.

Prinsip kerja pada transformator step down yaitu ketika trafo ini mendapatkan aliran tegangan listrik AC 220V (jaringan PLN) pada bagian primer, maka pada kumparan primer yang telah dikelilingi inti besi akan muncul elektromagnetik. Gaya elektromagnetik inilah akan muncul seiring dengan perubahan garis gaya magnet yang dihasilkan oleh arus AC.

Kemudian karena garis gaya magnet inilah menghasilkan gaya gerak listrik pada kumparan trafo. Sementara untuk jumlah gaya gerak listrik yang timbul pada kumparan sekunder tergantung akan jumlah lilitan dan diameternya.

elektronika dasar

ELEKTRONIKA DASAR DAN KOMPONEN UTAMANYA

arga in elektro
  ·   3 min read
low pass filter adalah

Low Pass Filter (LPF) Adalah …

arga in elektro
  ·   3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *