elektro

Pengertian dan Fungsi Sensor LDR

Sensor LDR merupakan salah satu jenis sensor cahaya yang banyak digunakan dalam berbagai rangkaian atau peralatan. Untuk memahami cara kerja  dan fungsi...

Written by arga · 1 min read >
sensor ldr

Sensor LDR merupakan salah satu jenis sensor cahaya yang banyak digunakan dalam berbagai rangkaian atau peralatan. Untuk memahami cara kerja  dan fungsi sensor LDR dalam sebuah rangkaian, maka anda wajib tahu dahulu apa pengertian dari sensor LDR secara lengkap.

Pengertian Sensor LDR

pengertian sensor ldr

LDR (Light Dependent Resistor) adalah salah satu jenis komponen resistor yang memiliki nilai resistansi berubah-ubah berdasarkan dari intensitas cahaya yang diterima. LDR berasal dari bahan kadmium sulfida yang merupakan bahan semikonduktor.

Nilai hambatan / resistansi akan turun bila cahaya yang mengenainya semakin banyak / terang. Dan sebaliknya nilai resistansi akan semakin besar bila cahaya yang mengenainya sedikit/ gelap dan hal ini menyebabkan terhambatnya arus listrik.

Sehingga fungsi sensor LDR adalah untuk menyalurkan arus listrik bila menerima sejumlah intensitas cahaya / terang dan juga menghambat arus listrik dalam kondisi gelap.

Naik turunnya nilai resistansi akan sebanding dengan intensitas cahaya yang mengenainya. Biasanya sensor LDR memiliki nilai resistansi sebesar 200 Kilo Ohm ketika dalam kondisi gelap dan akan menurun hingga 500 Ohm ketika mendapat banyak cahaya/ kondisi terang.

Kegunaan Sensor LDR

fungsi sensor ldr

Fungsi sensor LDR yaitu sebagai sensor cahaya yang dapat ditemukan pada berbagai macam rangkaian elektronika , seperti halnya saklar otomatis berdasarkan cahaya. Dimana bila sensor mendapat cahaya maka arus listrik akan mengalir (ON) dan bila sensor dalam kondisi gelap maka aliran listrik akan terhambat (OFF).

Beberapa kegunaan dari sensor LDR antara lain :

  • Sebagai sensor lampu penerang jalan otomatis
  • Lampu kamar tidur
  • Alarm
  • Rangkaian anti maling otomatis yang menggunakan laser
  • Shutter kamera otomatis
  • Dan lain lain

Cara Kerja Sensor LDR

cara kerja sensor ldr

Prinsip kerja sensor LDR cukup sederhana dan tidak jauh berbeda dengan komponen resistor pada umumnya. LDR digunakan pada berbagai jenis rangkaian elektronika sebagai pemutus dan penyambung aliran listrik berdasarkan intensitas cahaya yang diterima.

Dimana semakin banyak intensitas cahaya yang menyinari LDR maka nilai hambatannya akan menurun, dan sebaliknya semakin sedikit / gelap cahaya yang mengenai LDR maka nilai resistansinya akan semakin membesar.

Karakteristik Sensor LDR

Beberapa karakteristik yang terdapat pada sensor LDR antara lain adalah :

  • Tegangan maksimum (DC) :  150 V
  • Konsumsi Arus Maksimum :  100 mW
  • Tingkatan Resistansi / Tahanan : 10 Ohm hingga 100k Ohm
  • Puncak Spektral :  540 nm (ukuran gelombang cahaya)
  • Waktu Respon Sensor : 20ms – 30 ms
  • Suhu Operasi :  -30o Celcius  –  70o Celcius

Cara Mengukur LDR dengan Multimeter

cara mengukur ldr

Nilai hambatan atau resistansi pada sensor LDR dapat diukur dengan menggunakan alat ukur Multimeter dengan fungsi pengukuran Ohm (ꭥ).  Dalam pengukuran untuk mendapatkan nilai resistansi yang akurat, maka sebaiknya membuat dua kondisi pencahayaan, yaitu pengukuran pada saat cahaya gelap dan cahaya terang.

Sehingga dengan mengetahui nilai hambatan pada LDR maka dapat diketahui, apakah sensor LDR dapat bekerja baik atau tidak pada sebuah rangkaian elektronika.

Mengukur LDR pada Cahaya Terang

  1. Putar skala selektor multimeter pada posisi Ohm (ꭥ)
  2. Sambungkan kabel Probe Merah dan Probe Hitam multimeter dengan kedua kaki LDR (tidak ada polaritas).
  3. Berikan intensitas cahaya yang terang pada LDR
  4. Lihat nilai yang ditampilkan pada display multimeter. Nilai hambatan LDR yang baik pada kondisi terang yaitu sekitar 500 Ohm (ꭥ)

Mengukur LDR pada Cahaya Gelap

  1. Putar skala selektor multimeter pada posisi Ohm (ꭥ)
  2. Sambungkan kabel Probe Merah dan Probe Hitam multimeter dengan kedua kaki LDR (tidak ada polaritas).
  3. Pastikan tidak ada cahaya yang mengenai LDR atau juga bisa dengan menutup bagian permukaan LDR.
  4. Lihat dan baca nilai hambatan yang ditampilkan pada display multimeter. Nilai hambatan LDR yang baik pada kondisi gelap yaitu sekitar 200 KOhm (ꭥ).

Hasil pengukuran akan berbeda-beda tergantung dari tingkat intensitas cahaya yang diterima sensor LDR itu sendiri.

pengertian turbin

Macam Macam Turbin Beserta Penjelasannya

arga in elektro
  ·   3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *