elektro

Cara Membuat Rangkaian Power Amplifier Sederhana

Bila anda ingin mendengarkan musik dengan suara yang menggelegar serta budget pas-pasan, tentu membuat sendiri rangkaian amplifier sederhana merupakan solusinya. Untuk merangkai...

Written by arga · 3 min read >
rangkaian amplifier sederhana

Bila anda ingin mendengarkan musik dengan suara yang menggelegar serta budget pas-pasan, tentu membuat sendiri rangkaian amplifier sederhana merupakan solusinya. Untuk merangkai sebuah power amplifier sederhana dibutuhkan teknik dan ketrampilan, agar power ampllifier dapat bekerja dengan baik. Bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara membuat rangkaian power amplifier sederhana dengan biaya murah dan suara berkualitas, berikut ini adalah pembahasannya.

Rangkaian Power Amplifier Sederhana

Rangkaian Power Amplifier Sederhana adalah suatu rangkaian yang berfungsi sebagai penguat getaran atau amplitude suatu sinyal. Pada umumnya rangkaian ini digunakan sebagai penguat audio. Sebenarnya dipasaran sudah banyak tersedia amplifier, namun ada baiknya bila anda bisa membuatnya sendiri.

Rangkaian amplifier yang akan kita bahas kali ini memiliki daya sekitar 10 watt (power mini) dan tidak menggunakan tone control. Kenapa rangkaian ini tidak menggunakan tone control ? tujuannya untuk menghemat biaya dan ruang komponen di Box. Untuk pengaturan Bass, Balance dan sebagainya mengikuti saja yang tersedia di perangkat yang bersangkutan ( HP, Laptop, dll)

Bisa dikatakan kelebihan membuat rangkaian power amplifier ini dibanding amplifier lain diantaranya suara treble yang dihasilkan lebih halus, medium jernih, kencang dan bass yang cukup bagus.

Cara Membuat Rangkaian Power Amplifier Sederhana

Untuk membuat rangkaian ini, anda membutuhkan beberapa komponen yaitu :

1. BOX

BOX

Siapkan Box untuk wadahnya agar terlihat rapi. Untuk harganya sangat terjangkau.

2. Power Amplifier KIT ( Sudah Jadi)

power amplifier kitRangkaian penguat gelombang suara menjadi lebih besar.  Rangkaian ini sudah banyak beredar di toko-toko elektronik. (Ada yang sudah dilengkapi dengan potensiometer)

3. Transformator

transformatorPilihlah transformator yang memiliki daya hingga 12 volt. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko elektronik ( Komponen ini sering dikenal sebagai Trafo 1 Ampere tanpa CT atau Trafo biasa saja).

Fungsi dari komponen ini adalah sebagai pengubah tegangan listrik rumah sebesar 220 Volt AC menjadi 1-12 Volt AC atau juga ukuran lain yang sesuai dengan kapasistas/besar trafo.

4. Diode Bridge Kotak ( Kiprok) 5A

dioda bridge kotakKomponen Dioda atau yang biasa disebut dengan kiprok ini memiliki fungsi sebagai pengubah tegangan dari AC menjadi DC. Kiprok sendiri merupakan alat modern pengganti dioda bridge yang dahulu sering digunakan sebagai penyearah. Selain itu komponen ini lebih mudah untuk pemula meskipun harganya relatif lebih mahal.

Lantas mengapa tegangan harus dirubah dari AC ke DC ?

Karena pada power amplifier membutuhkan tegangan yang searah (DC). Pastikan anda membeli kiprok yang memiliki ukuran lebih besar dari trafo. ( misal trafo 2 ampere dan kiprok 5 ampere).

5. ELCO/ Kapasitor Elektrolit ( 1 pcs)

elco

Untuk ELCO bisa menggunakan jenis 4700 uF 24v. Kapasitor jenis elektrolit ini merupakan komponen yang berfungsi sebagai penstabil listrik DC dan juga menyimpan muatan listrik.

Sehingga ketika power listrik dicabut secara tiba-tiba atau mati listrik secara mendadak, power masih memiliki daya yang telah disimpan.

6. Kabel Jack ( Sesuaikan dengan headset HP)

kabel jackUntuk kabel jack bisa menggunakan yang mono ( ada 2 inputan yaitu + dan – ).

Untuk kabel yang memiliki 4 strip maka isi kabel ada 4 antara lain : kabel paling ujung adalah R, kemudian R, MIC dan Ground. Sementara kabel yang memiliki 3 strip, urutan kabelnya adalah R, terus L, dan Ground. Kabel 3 strip sering digunakan untuk power/speaker stereo.

Dan untuk power yang akan kita buat, cukup menggunakan kabel dengan 2 strip yang isinya kabel + dan – (R dab Ground), karena disini kita membuat power mono yang sangat sederhana

7. Speaker

speakerAnda bisa menggunakan speaker yang berukuran 6 inch atau 4 inch. Dan pastikan anda membelinya beserta dengan boxnya.

8. Kabel Power penghubung listrik

kabel power

8. Potensiometer

potensiometerKomponen ini berfungsi untuk mengatur besar kecilnya input dari sumber musik. ( Tidak jarang komponen ini sudah ada dengan power amplikit, kalau dalam power amplikit tidak ada maka bisa beli sendiri.

Langkah – Langkah :

 

  1. Siapkan peralatan lengkap, seperti soldier, timah, gunting, obeng, tang, dan lain lain.
  2. Hubungkan jack stciker dengan transformator atau inputan trafo 0-220 Volt dan sambungkan output trafo 0 – 12 V ke kaki kiprok yang memiliki logo gelombang ( Logo listrik AC).sambungan jack stiker
  3. Hubungkan kaki kiprok lain positif dan negatif  ( listrik sudah DC atau listrik + dan -) ke kaki ELCO positif dan negatif
  4. Hubungkan kabel ELCO langsung ke input POWER KIT yang terdapat tulisannya VCC atau tulisan kecil 0 – 12 v (kabel merah positif ke power )sambungan ELCO ke powerkit
  5. Pasangkan jack headset ke potensiometer lalu masuk ke input. ( Bagian ujung jack headset yang sedikit bulat adalah positif dan bagian bawah badan itu negatif )
  6. Terakhir sambungkan out ke speaker. ( untuk kabel speaker positif dan negatif bebas, bisa dibolak balik)
  7. Masukkan dalam BOX bila rangkaian telah selesai

skema full

Keterangan :

  • Kabel warna merah sebagai daya positif (+)
  • Kabel warna hitam sebagai daya negatif(-)
  • Kabel warna biru sebgai penghubung ke speaker
  • Kabel warna hijau sebagai tanda ground
  • Kabel warna orange sebagai tanda listrik AC

Rangkaian power amplifier ini bisa menghasilkan suara dengan kapasitas 100 watt sesuai dengan kapasitas powernya. Dan menghabiskan biaya yang cukup terjangkau.

Anda bisa memodifikasi dan juga menambahkan beberapa fitur power ini menggunakan tone control, kipas pada trafo, serta memperbesar watt dengan cara menggunakan trafo dan power lebih besar.

Tips Rangkaian Power Amplifier  Sederhana Suara Halus

  1. Jauhkan rangkaian sensitif dari transformator, untuk dimensi BOX tidak terlalu kecil. Untuk lebih baiknya, anda bisa menggunakan dua BOX, satu untuk transformator dan satu untuk rangkaian amplifiernya.
  2. Atur posisi transformator, anda bisa mengubahnya sisi samping menjadi sisi bawah (trafo menjadi tinggi) dengan tulisan menghadap rangkaian yang sensitif.
  3. Gunakan spacer pada amplifier yang memiliki tinggi setangah tinggi trafo. Misalkan saja setinggi 2,5 cm atau lebih sehingga ampifier sejajar dengan inti/pusat transformator. ( efek medan terlemah)
  4. Pastikan panjang kabel antara modul kanan dan kiri sama dan menggunakan kabel sependek mungkin.
  5. Ganti kapasitas ELCO ( Misal 1000 µF 12 V ke 4700 µF 24 V
  6. Pastikan semua sambungan ground terhubung dengan baik dan benar

Demikianlah langkah-langkah cara membuat rangkaian power amplifier sederhana hingga tipsnya. Semoga anda dapat mempraktekkannya dan selalu menjaga keselamatan.

pengertian turbin

Macam Macam Turbin Beserta Penjelasannya

arga in elektro
  ·   3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *