Pengertian dan Jenis Jenis Radio

Pengertian dan Jenis-Jenis Radio – Radio merupakan salah satu alat komunikasi yang telah ada sejak masa penjajahan, dimana berfungsi untuk menyampaikan berita kepada seluruh masyarakat luas. Jenis-jenis radio ada banyak bermunculan seiring dengan perkembangan teknologi. Untuk mengenal radio lebih lengkap, berikut pengertian gelombang radio, jenis, hingga cara kerja radio.

Pengertian Radio

Radio adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi dengan cara mengirimkan sebuah sinyal melalui gelombang yang bernama gelombang elektromagnetik.

Gelombang elektromagnetik dihasilkan dari modulasi dan radiasi dari elektromagnetik. Gelombang ini mampu melintasi dan merambat dengan melalui udara ataupun ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang elektromagnetik tidak memerlukan sebuah medium perantara, seperti molekul udara.

Meski saat ini teknologi berkembang secara pesat dan canggih, radio masih cukuo exist digunakan sebagai alat informasi atau pembawa berita.  Bahkan sinyal radio digunakan para astronot untuk berkomunikasi dengan bumi karena gelombang elektromagnetiknya mamu merambat di ruang hampa udara.

Gelombang Radio

 

gelombang pada radio

Gelombang radio adalah sebuah gelombang bagian dari gelombang elektromagnetik yang mempunyai frekuensi paling rendah dan panjang gelombang yang paling panjang. Frekuensi sendiri adalah jumlah getaran gelombang setiap detik.

Gelombang radio dihasilkan dari sebuah objek yang bermuatan listrik dimodulasi atau ditingkatkan frekuensinya. Gelombang radio memiliki satuan frekuensi yang paling kecil adalah 10 Herzt hingga yang paling tinggi adalah 10 giga herzt.

Pada umumnya gelombang radio digunakan sebagai dasar gelombang untuk siaran radio, sinyal telepon genggam dan untuk radar, baik radar komersial maupun radal militer.

Selain gelombang radio, terdapat beberapa jenis gelombang elektromagnetik yang memiliki tingkat frekuensi lebih tinggi yaitu sinar gamma, ultraviolet, X-ray dan inframerah.

Ada dua macam pengiriman sinyal gelombang radio untuk siaran radio, antara lain :

  • AM ( Amplitudo Modulasi), Pada siaran AM , radio bekerja dengan jumlah getaran atau frekuesninya tetap namun gelombang amplitudo yang berubah seiring dengan sumber.
  • FM (Frekuensi Modulasi), Pada siaran FM , radio bekerja dengan jumlah getaran atau frekuensinya berubah-ubah sementara gelombang amplitudonya tetap. FM mampu menghasilkan kualitas suara yang lebih jernih dan hampir tidak ada tumpukan seperti halnya siaran AM.

Cara Kerja Radio

gelombang radio

  • Gelombang radio dibawa atau dipancarkan oleh gelombang pembawa dan merambat di udara bebas dengan kecepatan 300.000 km/detik.
  • Gelombang radio dipantulkan oleh lapisan udara di bagian atmosphere bumi, lebih tepatnya di lapisan ionosfer.
  • Pada lapisan tersebut gelombang dipantulkan kembali menuju bumi dan ditangkap oleh bagian merana penerima sinyal.

Dengan demikian tidak heran jika jarak jangkauan gelombang radio sangat jauh sekali, bahkan hingga ke luar angkasa sekalipun.

Jenis Jenis  Radio

jenis jenis radio

Seiring dengan perkembangan zaman, radio telah berkembang dan berinovasi dengan memiliki beragam jenis dan fungsinya. Ditinjau dari bentuknya, radio dapat dibagi menjadi dua macam yaitu  radio analog maupun radio digital.

Sementara untuk penggunaannya, Jenis jenis radio yang digunakan di Indonesia terbagi menjadi :

1. Radio Publik

Radio publik biasa dikenal dengan sebutan radio pemerintahan. Radio jenis ini dipegang penuh oleh badan milik pemerintah dan dioperasikan oleh salah satu departemen di badan pemerintahan yang telah disetujui dan diatur dalam perundang-undangan.

Sehingga dapat dikatakan bahwa secara penuh radio publik dikelola oleh pemerintah dan dioperasikan dengan menyandang misi dan visi pemerintahan. Salah satu contohnya adalah RRI ( Radio Republilk Indonesia).

Pada umumnya radio publik menyampaikan pesan atau informasi mengenai visi dan misi pemerintahan kepada masyarakat atau khalayak umum. Dengan radio ini, pemerintah dapat menyampaikan ketentuan dan peraturan berbagai ketata pemerintahan kepada masyarakat.

Untuk anggaranyang digunakan operasional radio publik berasal dari anggaran belanja pemerintah.

2. Radio Swasta

Berbeda dengan radio publik, radio swasta merupakan radio yang dimiliki dan dikelola secara perseorangan yang bersifat komersil.

Sumber pendapatan untuk operasional radio jenis swasta sepenuhnya berasal dari iklan. Namun demikian, radio swasta masih berada di bawah perundang-undangan mengenai penyiaran yang talah disepakati melalui lisensi pemerintahan.

Sehingga seluruh radio swasta yang berada di Indonesia berada dalam naungan perundang-undangan yang salah satunya adalah lembaga sensor.

3. Radio Komunitas

Radio komunitas merupakan radio yang dipegang dan dikelola secara bersama-sama namun non-pemerintahan. Artinya radio komunitas ini dibangun dalam tanggung jawab bersama oleh beberapa orang yang tergabung dalam satu komunitas yang dapat memanfaatkan sumber dayanya.

Biasanya peralatan operasional yang digunakan pada radio komunitas ini masih terbilang sangat sederhana alias apa adanya. Oleh karena itu jarak jangkauan yang dimiliki oleh radio komunitas ini sangatlah terbatas, dimana hanya berada dalam suatu wilayah atau daerah komunitas itu sendiri.

Radio komunitas mulai berkembang di Indonesia pada tahun 2000 dimana beberapa komunitas bertujuan menggunakan media komunikasi sebagai alat penyampai pesan mereka sendiri dengan wilayah tertentu.

Radio komunitas juga dikenal dengan nama sebutan radio sosial, radio pendidikan atau radio alternatif lainnya.

4. Radio Berlangganan

Radio berlangganan tidak jauh berbeda dengan radio publik. Dimana kepemilikan radio dikelola oleh suatu lembaga yang bernama Lembaga Penyiaran Berlangganan.

Lembaga ini merupakan lembaga penyiaran yang telah memiliki badan hukum di Indonesia. Yang artinya lembaga ini adalah penyelenggara jasa penyiaran berlangganan yang telah diakui oleh izin penyelenggara penyiaran berlangganan.

Radio berlangganan dapat beroperasi dan menyebarluaskan siaran kepada masyarakat dari yang berlangganan.

Adapun jenis jenis radio berlangganan ditinjau dari media penyaluran siarannnya adalah :

  • Lembaga penyiaran berlangganan melalui satelit
  • Lembaga penyiaran berlangganan melalui kabel
  • Lembaga penyiaran berlangganan melalui Terestrial

Pemancar Radio

pemancar radio

Pemancar radio adalah sebuah mesin pesawat yang mampu mengirimkan berbagai macam informasi ataupun isyarat melalui udara dan menggunakan sebuah gelombang elektromagnetik.

Pemancar radio akan mengubah atau melakukan sebuah modulasi gelombang radio agar mampu mengirimkan berbagai macam informasi tersebut.

Pada radio AM, ketinggian yang dimiliki  gelombang pembawa diubah-ubah berdasarkan suara yang ditangkap oleh mikrofon. Sedangkan pada radio FM, frekuensi atau jarak di antara puncak radio yang diubah.

Selanjutnya pesawat penerima sinyal radio yang menerima sinyal ini, memperkuat dan mengartikannya. Bila sinyal radio tersebut lemah atau tidak kuar, maka radio AM akan mengeluarkan sebuah suara yang gemerisik.

Oeh karena itu, radio jenis ini digantikan radio jenis FM dimana penerimaannya jauh lebih baik dan jernih.

Demikian apa pengertian dan jenis-jenis radio. Semoga dengan ulasan di atas dapat memberikan pengetahuan anda semua pengertian radio hingga cara kerja radio.

  • Add Your Comment