elektro

Pengertian Arduino Uno dan Spesifikasinya

Pengertian Arduino Uno – Arduino Uno adalah salah satu rangkaian elektronika development kit mikrokontroler yang berbasis Atmega328. Perangkat jenis ini memilki beberapa...

Written by arga · 4 min read >
pengertian arduino uno

Pengertian Arduino Uno – Arduino Uno adalah salah satu rangkaian elektronika development kit mikrokontroler yang berbasis Atmega328. Perangkat jenis ini memilki beberapa keunggulan dibanding board mikrokontroler yang lain. Apa saja kegunaan dari arduino uno ? Berikut adalah uraiannya lengkap hingga spesifikasi arduino uno.

Pengertian Arduino Uno

Untuk lebih menguasai definisi arduino uno, ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan arduino.

Arduino adalah sebuah rangkaian elektronik yang bersifat open source, dan mempunyai piranti keras dan lunak yang mana mudah untuk digunakan. Arduino mampu mengenali lingkungan sekitar melalui berbagai jenis sensor serta dapat mengontrol lampu, motor, dan berbagai jenis actuator lainnya.

Arduino sendiri terdiri dari beberapa jenis, antara lain Arduino Uno, Arduino Mega 2560, Arduino Fio dan sebagainya.

Arduino Uno

Arduino Uno adalah sebuah board minimum system mikrokontroller yang mana di dalamnya terdapat mikrokontroller AVR seri ATmega 328 yang merupakan produk dari Atmel.

Umumnya Arduino memiliki 14 pin input/output yang terdiri dari :

pin pin dalam arduino uno

  •      6 pin dapat digunakan sebagai output PWM
  •           6 pin  sebagai analog input
  •      Osilator Kristal 16 MHz
  •      Sebuah koneksi USB
  •      Sebuah Power Jack
  •         Sebuah ICSP Header
  •         Dan tombol reset

Oleh karena itu arduino uno mampu mensupport mikrokontroller secara mudah terhubung dengan kabel power USB atau kabel power supply adaptor AC ke DC maupun dengan batteray. Sehingga untuk mendukung mikrokontroller  tersebut bekerja , cukup sambungkan ke powes supply atau hubungkan melalui kabel USB ke PC, maka Arduino Uno telah siap bekerja.

Arduino Uno berbeda dengan semua jenis arduino sebelumnya, dimana dalam hal koneksi USB to serial menggunakan fitur IC Atmega8U2, sementara pada board sebelumnya menggunakan chip FDTI driver USB to serial. Arduino Uno R3 merupakan seri terakhir dan terbaru dari seri arduino USB.

Fungsi Arduino Uno

Secara umum, arduino dengan sebuah mikrokontroller ini mampu menciptakan suatu program yang dapat digunakan untuk mengendalikan berbagai komponen elektronika.

skema struktur arduino uno

Sehingga cukup jelas, bila fungsi yang dimiliki arduino uno adalah untuk memudahkan pengguna dalam melakukan prototyping, memprogram mikrokontroller serta menciptakan berbagai alat canggih berbasis mikrokontroler.

Beberapa alat uang biasa dibuat dengan arduino uno adalah sebagai berikut :

  •        Lampu Flip Flop , Lampu Lalu LIntas
  •          Robotic  : Line Follower, Maze Solver, Pencari Api, dll.
  •          Pengontrol motor Stepper
  •          Detector Suhu dan Mengatur suhu ruangan
  •          Jam digital
  •          Timer Alarm
  •          Dan masih banyak lagi.

Spesifikasi Arduino Uno

Adapun spesifikasi data teknik yang dimiliki oleh board Arduino Uno R3 antara lain :

MikrokontrollerATmega328
Operating Voltage5V
Input Voltage (recommended)7 - 12V
Input Voltage (batas)6-20 V
Digital I/O Pins14 ( 6 sebagai output PWM)
Analog Input Pins6
DC Current per I/O pin40 mA
DC Current untuk 3.3 V pin50 mA
Flash Memory32 Kb (ATmega328) dengan 0,5 sebagai boothloader
SRAM2 KB (ATmega328)
EEPROM1 KB (ATmega328)
Clock Speed16 MHz
Panjang68.6 mm
Lebar53.4 mm
Berat25 g

Power

Uno Arduino dalam dijalankan melalui koneksi USB atau dengan power supply eksternal secara otomatis.

Untuk eksternal (Non USB) dapat menggunakan adaptor AC ke DC atau baterai dengan konektor plug ukuran 2,1 mm polaritas positif di tengah ke jack power di board. Bila menggunakan baterai dapat disematkan pada pin GND dan Vin pada bagian power konektor.

Biasanya board arduino dapat disupply dengan tegangan 6 hingga 12 Volt. Bila catu daya di bawah standar atau 5 Volt, maka board tidak stabil. Dan bila dipaksakan ke tegangan lebih dari 12 Volt maka kemungkinan besar board akan cepat panas dan rusak. Untuk itu disarankan dengan tegangan 7 – 12 Volt.

Power PIN :

  •          Vin

Tegangan input ke board saat menggunakan sumber catu daya eksternal ( adaptor USB 5 Volt atau juga bias adaptor 7-12 Volt).  Anda dapat menyambungkannya melalui pin ini, atau langsung ke jack power 5V, DC Power Jack (7-12V), Kabel Konektor USB (5V) atau catu daya lainnya (7-12V).

  •          5V

Catu daya yang digunakan untuk power mikrokontroller dan beberapa komponen lainnnya di board.

  •          3V3

Tegangan sebesar 3,3 Volt yang diperoleh dari FTDI chip yang ada pada board. Arus maksimum adalah sebesar 50 mA.

  •          Pin Ground

GND atau pin ground berfungsi sebagai jalur atau lintasan ground pada arduino.

  •          IOREF

Merupakan pin yang menyediakan referensi tegangan agar mikrokontroller mampu bekerja dengan baik.

Memory

ATmega328 juga dilengkapi dengan memory 32 KB untuk menyimpan kode( dengan 0,5 KB yang berfungsi sebagai boothloader).  Dan memory 2 KB untuk SRAM dan 1 KB untuk EEPROM.

Input dan Output

Masing-masing 14 pin pada arduino dapat digunakan sebagai input atau output yang menggunakan fungsi  pinMode(), digitalWrite(), dan digitalRead(), dimana dengan tegangan operasi daya 5 Volt. Tiap-tiap pin juga mampu menerima arus maksimal hingga 40 mA dan resistor internal pull-up antara 20-50 kohm.

Selain itu terdapat beberapa pin lagi yang memiliki fungsi khusus :

  •          Serial  : 0(RX) dan 1 (TX), dimana berfungsi sebagai penerima (RX) dan pemancar (TX) TTL serial data. Pin ini tersambung dengan pin yang korespondensing dari USB ke TTL Chip.
  •          Eksternal Interupt : 2 dan 3, pin ini berfungsi sebagai konfigurator untuk trigger sebuah interup pada value low, riding dan faling edge atau nilai value yang berubah-ubah.
  •          PWM : 3, 5, 6, 9, 10 dan 11. Mensupport output 8 bit PWm dengan fungsi analogWrite().
  •          SPI : 10 (SS), 11(MOSI), 12 (MISO), 13 (SCK). Pin pin ini mendukung komunikasi SPI dengan menggunakan SPI Library.
  •          LED  : 13 , terdapat LED bawaan (built in) yang berfungsi sebagai indicator dan terhubung dengan pin digital 13. Ketika nilai value pada pin High maka LED akan On, saat nilai value Low maka LED akan Off.
  •          Uno juga memiliki analog input yang berlabel pada A0 hingga A5, dimana pada masing-masing memberikan 10 bit dengan resolusi 1024.  Biasanya analog input telah terukur dari nilai 0 (ground) hingga 5 Volt, yang memungkinkan adanya perubahan teratas dari jarak yang digunakan oleh pin AREF dengan fungsi analogReference().

Untuk menambah informasi kepada anda, berikut tambahan beberapa pin yang juga memiliki fungsi khusus.

  •          TWI : pin A4 (pinSDA) dan pin A5 (pin SCL). Support TWI Komunikasi dengan menggunakan Wirelibrary.
  •          AREF , merupakan tegangan referensi untuk analog input dimana yang digunakan adalah fungsi anaogReference().
  •          Reset, baris atau jalur LOW berfungsi untuk mereset mikrokontroller dan terdapat tambahan tombol reset yang berfungsi sebagai pelindung salah satu blok.;

Komunikasi

Arduino uni juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang digunakan untuk komunikasi dengan komputer, arduino lain ataupun mikrokontroller lainnya. Atmega328 memiliki UART TTL (5V) sebagai komunikasi serial pada pin 0(RX) dan 1 (TX).  Dan pada ATmega16U2, komunikasi serialna dengan USB dan port virtual pada perangkat lunak di komputer.

Firmware arduino menggunakan drver USB standar COM dan tidak membutuhkan driver eksternal. Namun pada OS windows, file berekstensi . inf sangat dibutuhkan. Perangkat lunak arduino termasuk monitor serial yang mampu membaca dan mengirim data dari dan ke arduino. LED indicator TX dan RX akan berkedip ketika data telah terkirim via koneksi USB to serial dan koneksi USB ke komputer.

Sotware SerialLibrary juga memungkinkan pada banyak pin untuk komunikasi serial pada uno. Atmega328 telah mensupport 12C (TWI) dan komunikasi SPI. Perangkat lunak arduiino termasuk WireLibrary  telah memudahkan penggunaan bus 12C.

Pemrograman

Arduino uno dapat diprogram dengan menggunakan software Arduino yang dapat anda unduh di https://www.arduino.cc/en/Main/Software. Pilihlah Menu “Arduino Uno” dari Tools > Board Menu ( akan terlacak sesuai mikrokontroler pada board).

Atau untuk lebih lengkap den detail, anda dapat mengikuti panduannya di  Referensi dan Tutorial.

Pada ATmega328 di arduino dapat preburned dengan menggunakan bootloader yang memungkinkan anda untuk mengupload kode baru tanpa menggunakan programmer hardware eksternal.  Untuk komunikasi mengguanakan protocol original STK500. Anda juga dapat langsung menggunakan bootloader dan program pada mikrokontroller melalui ICSP (In-Circuit Serial Programming).

Demikian adalah pengertian dan penjelasan mengenai arduino uno yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda semua.

pengertian turbin

Macam Macam Turbin Beserta Penjelasannya

arga in elektro
  ·   3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *