Mesin

Macam Macam Turbin Beserta Penjelasannya

Macam macam turbin – Turbin adalah sebuah mesin rotary yang berfungsi untukmengubah energi dari aliran fluida menjadi energi gerak yang bermanfaat.  Turbin...

Written by arga · 3 min read >
pengertian turbin

Macam macam turbin – Turbin adalah sebuah mesin rotary yang berfungsi untukmengubah energi dari aliran fluida menjadi energi gerak yang bermanfaat.  Turbin lebih banyak digunakan untuk memproduksi tenaga listrik. Jenis jenis turbin sangat beragam menurut aliran fluidanya. Untuk mengenal turbin lebih lengkap, berikut macam macam turbin beserta penjelasannya.

Pengertian Turbin

Turbin adalah sebuah mesin rotary penggerak yang memanfaatkan energi dari aliran fluida seperti air, uap, dan angina untuk menggerakkan beban seperti generator, pompa, baling-baling dan sebagainya.

Secara umum, mesin turbin sederhana tersusun dari sebuah bagian yang berputar disebut rotor dan stator atau rumah turbin. Rotor terdiri atas sebuah poros/shaft dengan sudu-sudu atau blade yang menyerupai baling-baling yang terpasang di sekelilingnya.

Rotor tersebut bergerak berputar  akibat dari tumbukan aliran fluida atau berputar sebagai reaksi dari aliran fluida tersebut.  Aliran fluida yang berupa air, uap air atau angina (gas) diarahkan dan diatur kecepatan gerakannya oleh nozzle sehingga mampu menggerakkan baling-baling pada rotor.

Klasifikasi Turbin

Turbin terbagi menjadi dua kelompok besar berdasarkan prinsip kerja berputarnya rotor, yaitu turbin impuls dan turbin reaksi.

Secara umum, rotors pada turbin impuls berputar akibat tumbukan fluida bertekanan yang diarahkan nozzle kepada rotor tersebut. Sementara rotor pada turbin reaksi berputar akibat dari tekanan fluida itu sendiri yang mana keluar dari ujung sudu melalui nozzle.

1. Turbin Impuls

turbin impuls

Turbin impulse  adalah turbin sederhana berotor satu atau gabungan yang memiliki sudu-sudu pada rotor tersebut. Biasanya, sudu pada turbin jenis ini berbentuk simetris dan memiliki sudut masuk dan sudut keluar.

Turbin impulse mengubah arah dari aliran fluida berkecepatan tinggi menghasilkan putaran impuls dari turbin dan penurunan energi kinetik dari aliran fluida. Tidak ada perubahan tekanan yang terjadi pada fluida, penurunan tekanan terjadi di nozzle /sudu diam.

2. Turbin Reaksi

turbin reaksi

Turbin reaksi merupakan turbin yang memiliki tiga tahap, yakni masing-masing tersusun dari baris sudu tetap dan dua baris sudu gerak. Sudu bergerak pada turbin reaksi dapat dibedakan dengan mudah dari sudu impuls, karena bentuknya yang tidak simetris, serta karena berfungsi sebagai nozzle bentuknya sama dengan sudu tetap meskipun arah lengkungannya berlawanan.

Turbin reaksi menghasilkan torsi dengan menggunakan tekanan atau massa gas (fluida).   Tekanan dari fluida akan berubah pada saat melalui sudu rotor. Pada turbin jenis ini dibutuhkan semacam sudu pada casing untuk mengendalikan fluida kerja seperti yang bekerja pada turbin tipe multistage atau bisa juga turbin ini harus terendam penuh pada fluida kerja (seperti pada kincir angin).

Macam Macam Turbin

Ada beberapa macam turbin yang terbadi menurut energi yang digunakan untuk menghasilkan daya gerak , yaitu :

  1. Turbin Uap (Steam Turbin)
  2. Turbin Gas
  3. Turbin Air
  4. Turbin Angin

1. Turbin Uap (Steam Turbin)

prinsip kerja turbin uap
terra-samudra.com

Turbin uap merupakan jenis turbin yang menggunakan media uap sebagai fluida kerjanya. Turbin jenis ini banyak digunakan untuk pembangkit listrik dengan menggunakan bahan bakar batubara, solar, atau tenaga nuklir.

Prinsip kerja dari turbin uap adalah untuk mengkonversi energi panas dari uap air menjadi energi gerak mekanik yang bermanfaat berupa putaran rotor.

2. Turbin Gas

turbin gas
artikel-teknologi.com

Turbin gas merupakan jenis turbin yang menggunakan fluida udara yang telah dipanaskan secara cepat sebagai fluida kerjanya. Sebuah alat kompresor yang berfungsi untuk mengkompres udara dipasang satu poros dengan turbin (coupled).

Pada turbin gas ini, berbagai energi kinetik diubah menjadi energi mekanik berupa putaran yang berguna untuk menggerakkan roda turbin sehingga menghasilkan suatu daya.

Turbin gas merupakan salah satu komponen dari suatu sistem turbin gas. Suatu sistem turbin gas yang paling sederhana tersusun dari tiga komponen, yaitu kompresor, ruang bakar dan turbin gas.

Saat ini sistem turbin gas banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti mesin penggerak generator listrik, mesin industry, pesawat terbang, dan sebagainya. Sistem turbin gas dapat dipasang dengan cepat dan biaya yang lebih terjangkau, bila dibandingkan dengan instalasi turbin uap dan motor diesel untuk tenaga listrik.

3. Turbin Air

turbin air
slideshare.net/dwiratna3

jenis turbin air

Turbin air merupakan jenis turbin yang paling sederhana, yang mana memanfaatkan media kerja air untuk menghasilkan energi mekanik berupa putaran poros.  Turbin air dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu: Turbin Pleton, Turbin Franchis dan Turbin Kaplan.

Dalam pembangkit listrik tenaga air (PLTA), turbin air merupakan salah satu mesin utama selain generator.  Energi mekanik yang dihasilkan oleh turbin air ini akan dikonversikan menjadi energi listrik oleh generator.

Cara kerja turbin air yaitu dari gaya jatuh air yang mendorong baling-baling menyebabkan turbin berputar. Turbin air seperti halnya dengan kincir angina, yang mana menggantikan fungsi dorong angin untuk memutar baling-baling digantikan air untuk memutar turbin.

4. Turbin Angin

turbin angin
majalah1000guru.net

Turbin angin lebih dikenal dengan kincir angin, turbin jenis ini berfungsi untuk mengkonversi energi kinetik dan angin menjadi energi gerak. Prinsip kerja dari turbin angin yaitu mengubah energi mekanis dari angin menjadi energi putar pada kincir, selanjutnya putaran kincir digunakan untuk memutar generator, yang akhirnya menghasilkan listrik.

Salah satu pemanfaatan turbin angin, yaitu untuk menggerakkan kincir angin dimana energi yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk menggiling padi atau sebagai pembangkit listrik.

Kelebihan Turbin

Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki turbin dibanding dengan penggerak tenaga listrik lain seperti diesel adalah :

  • Penggunaan panas yang lebih baik;
  • Pengendalian putaran yang lebih mudah;
  • Tidak menghasilkan loncatan bunga api listrik;
  • Tidak terpengaruh lingkungan sekeliling yang panas;
  • Uap bekasnya dapat digunakan kembali atau untuk proses.

Demikianlah klasifikasi dan macam macam turbin beserta penjelasannya. Semoga uraian di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *