Listrik Statis dan Dinamis (Pengertian, Perbedaan dan Soal)

Energi listrik dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu listrik statis dan listrik dinamis. Secara sederhana, perbedaan keduanya yaitu listrik statis adalah listrik yang diam, dan listrik dinamis adalah listrik yang bergerak atau mengalir. Akan tetapi pengertian antara listrik statis dan dinamis lebih luas dari itu. Untuk itu berikut adalah pemaparan lengkap listrik statis dan listrik dinamis.

Pengertian Listrik Statis dan Dinamis

Pengertian Listrik Statis

perbedaan listrik statis dan dinamis

Listrik statis adalah muatan listrik dalam jumlah tertentu yang tetap atau tidak bergerak   atau dinamakan listrik diam untuk sementara pada suatu benda. Tidak bergeraknya listrik pada suatu benda ini disebabkan karena muatan listrik tidak mengalir dan perpindahan arusnya terbatas.

Listrik statis terjadi akibat adanya pergesekan dua buah benda yang memiliki perbedaan muatan listrik.

Muatan listrik akan tetap ada hingga benda tersebut kehilangan dengan arus yang melepastkan muatan listrik yang ada. Muatan listrik bisa positif atau negatif, dan muatan tersebut dapat berupa zat yang terbentuk dari atom-atom.

Setiap atom mempunyai inti atom yang terdiri dari proton dan elektron yang mengelilinginya. Proton memiliki muatan listrik positif dan elektron memiliki muatan listrik negatif.

Pengertian Listrik Dinamis

listrik dinamis

Listrik dinamis adalah muatan listrik yang mengalir atau bergerak. Listrik dinamis bisa diartikan sebagai suatu gejala listrik yang disebabkan oleh adanya muatan listrik ayng bergerak atau mengalir dalam sebuah rangkaian listrik.

Listrik dinamis umumnya bergerak dari suatu posisi yang muatan elektronnya tinggi menuju posisi elektron yang lebih rendah sehingga tercapai keseimbangan.

Listrik dinamis dihasilkan dari sumber listrik atau pembangkit listrik, seperti aki, baterai, generator dan lain lain. Jenis listrik ini memiliki besar tegangan listrik, daya listrik dan mampu menghasilkan arus listrik sehingga dapat dialirkan dan mampu digunakan dalam suatu rangkaian listrik.

Listrik Statis dan Dinamis dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Listrik Statis

contoh listrik statis

  1. Saat kita menyisir rambut, maka rambut akan terbawa berdiri sendiri beriringan dengan gerakan sisir. Hal ini disebabkan karena adanya interaksi atau peresekan muatan antara sisir dan rambut.
  2. Penggaris yang digosok-gosok ke rambut akan mampu menarik sobekan kertas kecil kecil.
  3. Terjadinya petir, dimana energi listrik yang dihasilkan petir terjadi karena adanya pergerakan awan secara terus menerus yang menyebabkan gesekan antara dua lempengan, baik itu lempengan awan dengan awan maupun lempengan awan dengan bumi. (masing-msing lempengan memiliki nilai potensial yang berbeda)
  4. Adanya daya tarik menarik antara tangan dan balon ketika keduanya digosok atau digesekkan. Gesekan tangan ke balon membuat kedua material tersebut bermuatan listrik statis, karena salah satu material kehilangan elektron yang akhirnya memiliki muatan listrik positif.
  5. Ketika anda mendekatkan tangan ke layar TV yang baru saja dimatikan, maka bulu atau rambut yang berada pada tangan anda akan berdiri.

Contoh Listrik Dinamis

contoh listrik dinamis

  1. Mobil mainan dengan baterai. Mobil mainan akan secara otomatis bergerak ketika dipasang baterai, karena muatan listrik yang ada pada batu baterai mengalir pada rangkaian listriknya.
  2. Penggunaan lampu senter
  3. Tersambungnya bebebapa peralatan listrik dengan sumber listrik untuk bisa beroperasi seperti televisi, kipas angin, dan sebagainya.

Perbedaan Listrik Statis dan Dinamis

Dari pemaparan di atas dapat klita simpulkan beberapa perbedaan antara listrik statis dan listrik dinamis, antara lain :

  1. Listrik statis dihasilkan dari adanya pergesekan antara dua benda, sementara listrik dinamis dihasilkan langsung dari sumber lisrik atau pembangkit listrik.
  2. Listrik statis tidak bergerak atau diam sehingga tidak dapat dialirkan ke dalam suatu rangakaian listrik, sementara listrik dinamis dapat mengalir dalam sebuah rangkaian listrik / elektronika.
  3. Pelepasan muatan listrik pada listrik statis berlangsung dalam waktu yang singkat, sementara pelepasan muatan pada listrik dinamis dapat diatur secara berkelanjutan atau dalam kurun waktu tertentu.
  4. Parameter pada listrik statis susah diukur, seperti pengukuran arus , tegangan, hambatan dan daya listrik. Sedangkan listrik dinamis dapat diukur dengan sebuah alat ukur yang baku.

Persamaan Listrik Statis dan Listrik Dinamis

Selain memiliki perbedaan, antara listrik statis dan listrik dinamis juga memiliki kesamaan, yaitu :

  1. Listrik statis dan listrik dinamis sama sama memiliki daya magnet yang saling tarik menarik.
  2. Untuk menghasilkan kedua jenis listirk ini dibutuhkan dua benda atau material yang saling berhubungan satu sama lain yang mana berperan sebagai perantara aliran listrik.
  3. Listrik statis dan listrik dinamis sama sama memiliki inti atom.

Rumus Listrik Statis dan Listrik Dinamis

Rumus Listrik Statis

rumus listrik statis

Contoh Soal Listrik Statis

  1. Dua buah muatan titik masing-masing +3 µm dan -4 µm, yang terpisah dengan jarak 3 cm satu sama lain. Berapa besar gaya tarik menarik antara kedua muatan tersebut.

Diketahui :

  • Q =   3 . 10-6
  • q2 =   4 . 10-6
  • r =  3 cm

contoh soal listrik statis

Jadi, gaya tarik menarik kedua muatan tersebut sebesar 120 N.

Rumus Listrik Dinamis

rumus listrik dinamis

Keterangan :

  • I =  Kuat arus listrik (A)
  • Q =  Jumlah muatan listk (Coloumb)
  • t = waktu  (s)
  • V = Beda potensial atau tegangan listrik (Volt)
  • W = energi   (Joule)
  • R =  Hambatan listrik  (Ohm)
  • ρ =   Hambatan jenis  (ohm.mm2/m)
  • ʅ =  panjang kawat (m)
  • A =  Luas penampang kawat (m2)

Contoh Soal Listrik Dinamis

  1. Sepotong kawat penghantar memiliki kuat arus sebesar 10 A. Tentukan berapa menit waktu yang diperlukan oleh sebuah muatan sebesar 9600 C untuk dapat mengalir melalui penampang tersebut ?

Diketahui :

I    =   10 A

Q   =  9.600 C

contoh soal listrik dinamis

Jadi waktu yang dibutuhkan yaitu sebesar 16 menit

 

Bagaimana ? Dengan memahami perbedaan antara listrik statis dan dimanis tentu akan memudahkan anda dalam menganalisa listrik yang sangat erat dengan kehidupan sehari-hari.

  • Add Your Comment