Mesin

Pengertian, Klasifikasi dan Jenis Jenis Pompa

Pengertian Pompa – Pompa merupakan salah satu alat yang memiliki banyak kegunaan pada aplikasi tertentu dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk rumah tangga...

Written by arga · 4 min read >
pengertian dan jenis jenis pompa

Pengertian Pompa – Pompa merupakan salah satu alat yang memiliki banyak kegunaan pada aplikasi tertentu dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk rumah tangga maupun industri. Klasifikasi pompa menjadi beberapa macam, dimana tiap jenis-jenis pompa tersebut memiliki cara kerja dan penggunaan masing-masing.  Untuk mengetahui lebih dalam mengenai pengertian hingga klasifikasi pompa, berikut adalah pemaparannya.

Pengertian Pompa

Pompa adalah sebuah alat atau mesin yang digunakan untuk memindahkan  udara atau zat cair (fluida) dari satu tempat ke tempat lain yang diinginkan dengan cara menaikkan tekanan.

Pompa beroperasi dengan membuat perbedaan tekanan antara bagian masuk (suction) dengan bagian keluar (discharge). Dengan perbedaan tekanan tersebut, pompa akan memindahkan fluida baik secara vertikal maupun horizontal.

Fluida sendiri adalah suatu dzat yang partikel-partikelnya dapat bergerak bebas sehingga dapat berubah bentuk secara mudah. Secara umum, fluida terbagi menjadi dua jenis, antara lain :

  • Fluida yang bersifat compressible atau dapat dikompres (mampu mampat), contohnya adalah udara dan gas.
  • Fluida yang bersifat Incompresible atau tidak mampu dikompres/mampat, contohnya adalah air dan minyak.

Pada dasarnya prinsip kerja sebuah pompa dalam mengalirkan adalah dengan cara memberikan gaya tekan terhadap fluida. Tujuan dari gaya tekanan tersebut yaitu untuk mengatasi hambatan yang timbul di dalam pipa saluran ketika proses pengaliran yang sedang berlangsung.  Tanpa adanya tekanan pada cairan, maka  cairan tersebut tidak mampu untuk dialirkan/dipindahkan.

Fungsi Pompa

Fungsi utama pompa adalah memindahkan fluida (zat cair) dari suatu tempat ke tempat lain yang diinginkan dengan memberikan gaya tekan terhadap zat yang akan dipindahkan. Salah satu contohnya adalah : pemindahan minyak mentah dari tangki penampungan bahan baku ke dalam kolom distilasi untuk diolah.

Fungsi lain dari pompa yaitu mengubah tenaga mekanis dari suatu sumber tenaga penggerak menjadi tenaga kinetis (kecepatan). Tenaga ini berfungsi untuk mengalirkan cairan dan mengatasi hambatan yang ada di sepanjang aliran.

Klasifikasi dan Jenis Jenis Pompa

klasifikasi dan jenis jenis pompa
undip.ac.id

Klasifikasi pompa dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu Pompa Dinamis dan Pompa Perpindahan Positif. Dua kelompok besar ini masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis-jenis pompa lagi.

A. Pompa Perpindahan Positif (Positif Displacement Pump)

Pompa perpindahan positif atau pompa dengan kerja positif merupakan jenis pompa yang mampu menekan fluida dengan volume tertentu sehingga  menghasilkan volume (kapasitas) yang intermittent (berselang).

Cara kerja dari pompa ini yaitu  dengan menekan cairan (fluida) oleh elemen-elemen pompa dengan volume tertentu, dimana ketika cairan masuk akan langsung dipindahkan ke sisi buang, sehingga tidak mengalami kebocoran (alir balik) ke sisi masuk.

Kelebihan yang dimiliki dari jenis pompa ini adalah :

  • Memberikan perpindahan fluida yang tetap dan stabil di setiap putarannya
  • Dapat menghasilkan power density (gaya persatuan berat) yang lebih berat

Jenis jenis pompa yang tergolong dalam pompa Positif Displacement Pump adalah sebagai berikut :

1. Pompa Rotary

Pompa rotary memindahkan fluida melalui prinsip rotary (putaran pada sumbu tetap), dengan cara menimbulkan efek vakum sehingga dapat menghisap fluida kerja dari sisi inlet dan memindahkannnya ke sisi outlet.  Sehingga terperangkapnya udara di dalam rotary, pompa ini secara alami akan mengeluarkan udara tersebut.

Kelebihan dari pompa rotary adalah mempunyai tingkat efisiensi yang tinggi. Sementara kekurangannya adalah memiliki sifat alami dimana clearance diantara sudut putar dan sudu pengikutnya harus sekecil mungkin, ditambah lagi pompa harus berputar pada kecepatan yang stabil atau bahkan rendah.

jenis jenis pompa rotary
tacmina.com

Macam macam pompa rotary antara lain :

  • Pompa roda gigi
  • Pompa screw
  • Poma Rotary Vane

2. Pompa Reciprocating

pompa Reciprocating
youtube

Pompa reciprocating merupakan jenis pompa perpindahan positif yang mengalirkan fluida dalam jumlah yang terbatas pada pergerakan piston atau plunyer di sepanjang langkahnya. Cara kerja dari jenis pompa ini adalah dengan mengubah energi mekanis dari penggerak pompa menjadi energi dinamis terhadap fluida yang dipindahkan.

Perpindahan energi pada fluida berlangsung  melalui elemen berupa crank/gear, cam yang bergerak secara memutar dan memberikan dorongan pada piston yang selanjutnya menekan fluida, sehingga fluida mampu mengalir.

Volume fluida akan mengalir masuk melalui inlet menuju silinder, dan diteruskan dengan fluida yang dipompa/ditekan keluar melalui outlet.  Jenis pompa ini sering digunakan untuk mengalirkan fluida dengan nilai viskositas yang besar, seperti minyak mentah dan lumpur.

jenis jenis pompa Reciprocating

Macam macam pompa reciprocating antara lain :

  • Pompa plunyer
  • Pompa diafragma

B. Pompa Dinamis (Dynamic Pump)

Pompa dinamis atau dynamic pump adalah jenis pompa yang dapat menghasilkan fluida dengan kecepatan tinggi dan mengkonversi  kecepatan fluida menjadi tekanan melalui perubahan penampang aliran fluida.

Pompa dinamis tersusun dari poros, sudu-sudu impeller, rumah volute dan saluran keluar. Poros pompa memperoleh energi mekanis dari luar untuk memutar impeller. Putaran dari impeller membuat head dari fluida menjadi lebih tinggi karena mengalami percepatan. Sehingga prinsip kerja dari pompa dinamis adalah mengubah energi mekanis dari poros menjadi energi fluida.

Jenis pompa dinamis memiliki efisiensi yang lebih rendah dibanding dengan pompa perpindahan positif. Namun demikian pompa jenis ini memiliki biaya perawatan yang lebih murah. Pompa dinamik juga dapat bekerja pada kecepatan yang tinggi dan debit aliran yang juga tinggi.

Jenis Jenis pompa  yang tergolong dalam pompa dinamis yaitu Pompa Sentrifugal, Pompa Aksial, dan Special Effect Pump.

1. Pompa Sentrifugal

pompa sentrifugal
youtube

Pompa sentrifugal merupakan sebuah pompa yang terdiri dari satu impeller atau lebih dan dilengkapi dengan sudu-sudu yang terpasang pada poros yang berputar. Kemudian diselubungi dengan casing yang berbentuk volut.

Prinsip kerja pompa sentrifugal adalah menggunakan energi mekanis dari luar pompa berupa motor listrik yang  kemudian digunakan untuk memutar impeller. Putaran impeller menyebabkan fluida terdorong oleh sudu-sudu kemudian fluida akan menuju saluran keluar (discharge).

Pada prosesnya, fluida akan memperoleh percepatan sehingga fluida akan memiliki energi kinetic. Kecepatan keluar fluida tersebut akan berkurang yang mengakibatkan energi kinetic fluida berubah menjadi energi tekanan pada sudu-sudu.

Pompa ini tergolong pompa yang paling banyak digunakan di seluruh unia. Kelebihan dari pompa ini antara lain :

  • Aliran yang halus di dalam pompa
  • Tekanan yang seragam pada discharge pompa
  • Biaya rendah
  • Dapat bekerja pada kecepatan yang tinggi, sehingga pada penggunaan selanjutnya dapat dikoneksikan langsung dengan turbin uap dan motor elektrik.

2. Pompa Aksial

pompa aksial
slideshare.net

Pompa aksial juga dikenal dengan nama pompa propeller. Pompa jenis ini menghasilkan sebagian besar tekanan yang berasal dari propeller dan gaya lifting dari sudu terhadap fluida.

Pompa aksial dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu pompa aksial vertikal (single-stage dan two-stage) dan pompa aksial horizontal. Penggunaan pompa ini banyak dimanfaatkan pada sistem drainase dan irigasi.

Pompa aksial jenis vertikal single stage lebih umum digunakan, namun juga terkadang pompa aksial jenis two stage lebih ekonomis penerapannya. Sementara pada pompa aksial horizontal digunakan untuk debit aliran fluida yang besar dengan tekanan yang kecil dalam alirannya.

3. Special Effect Pump (Pompa dengan Efek Spesial)

Pompa jenis ini sering digunakan untuk kebutuhan industry dengan aplikasi tertentu.

Jenis jenis pompa yang tergolong dalam Special Effect Pump antara lain jet (eductor), gas Lift, hydraulic ram dan elektromagnetic.

  • Pompa Jet (Eductor)
pompa injektor
marineengineeringonline.com

Pompa jet merupakan sebuah alat yang memanfaatkan efek venture dari nozzle konvergen-divergen untuk mengkonversi energi tekanan dari fluida bergerak menjadi energi gerak sehingga akan menghasilkan area bertekanan rendah dan dapat menghisap fluida di sisi suction.

  • Gas Lift Pump
gas lift pump
plantservices.com

Gas Lift Pump merupakan sebuah cara untuk menaikkan fluida di dalam sebuah kolom dengan  jalan menginjeksikan suatu gas tertentu yang mengakibatkan turunnya berat hidrostatik dari fluida tersebut sehingga reservoir dapat menaikkannya ke permukaan.

  • Hydraulic Ram
Hydraulic Ram pump
youtube

Pompa hidrolik merupakan jenis pompa air siklik dengan memanfaatkan tenaga hydro (Hydropower).

  • Electromagnetic Pump
electromagetic pump
animatedsoftware.com

Pompa Elektromagnetik adalah jenis pompa yang menggerakkan fluida logam dengan cara menggunakan gaya elektromagnetik.

Gangguan – Gangguan Pada Pompa

Gangguan gangguan pada pompa dapat menyebabkan menurunnya kinerja pompa dalam mengumpan air dan juga dapat memperpendek umur pompa tersebut.  Salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya gangguan pada pompa adalah kurangnya perawatan yang dilakukan pada pompa.

Berikut adalah beberapa gangguan yang sering terjadi pada pompa :

  • Pompa sulit dipancing
  • Pompa tidak bisa berputar setelah tombol ditekan
  • Pompa berputar namun air tidak mau keluar
  • Motor mengalami pembebanan yang berlebih
  • Bunyi dan getaran terlalu berlebih
  • Suhu bantalan melebihi batas
  • Kebocoran dan pemanasan kotak packing
  • Terjadi kavitasi
  • Impeller macet atau tidak mampu berputar normal
  • Terbentuknya kerak pada bagian dalam pompa

Demikianlah pemaparan pengertian, fungsi hingga jenis jenis pompa yang populer digunakan. Semoga artikel di atas dapat menjadi referensi dan bermanfaat…………….

pengertian turbin

Macam Macam Turbin Beserta Penjelasannya

arga in Mesin
  ·   3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *