elektro

Jenis-Jenis Antena Dalam Jaringan Beserta Fungsinya

Ada banyak jenis-jenis antena dalam sistem komunikasi jaringan. Salah satu manfaat utama dari sebuah antena dalam sistem jaringan tersebut yaitu mampu memancarkan...

Written by arga · 3 min read >
jenis jenis antena

Ada banyak jenis-jenis antena dalam sistem komunikasi jaringan. Salah satu manfaat utama dari sebuah antena dalam sistem jaringan tersebut yaitu mampu memancarkan wifi. Macam-macam antena jaringan yang juga dapat difungsikan sebagai pemancar wifi ini sangat beragam dan bervariatif. Untuk memahaminya secara lengkap dan detail, simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Antena

Dalam dunia elektronika, antena diartikan sebagai sebuah transformator/struktur transmisi antara gelombang terbimbing / saluran transimi dengan gelombang ruang bebas atau sebaliknya. Antena merupakan alat elektronika yang berperan penting alam semua jenis alat komunikasi nirkabel. Wujud antena dapat berupa dengan berbagai bentuk, mulai dari seutas kabel, dipole maapun yagi.

Fungsi Antena

Umumnya, fungsi utama antena adalah mengirim dan menerima gelombang elektromagnetik  yang bergantung pada pemakaian dan penggunaan frekuensinya. Kekuatan sebuah antena dalam menerima maupun mengirimkan sinyal dinamakan dengan gain atau penguatan antena.

Satuan pengukuran kekuatan antena dalam mengkonsentrasi atau memfokuskan sinyal adalah dB. Ketika antena memiliki nilai dB yang besar, maka jaungkauan jarak yang mampu ditempuh juga besar.

Jenis – Jenis Antena

macam macam antena

Sebelum mengenal berbagai jenis-jenis antena yang umum dalam sebuah sistem jaringan, anda wajib tahu terlebih dahulu 2 jenis golongan utama dari sebuah antena, antara lain :

  • Antena Directional merupakan antena yang dapat berfungsi sebagai pemancar dan juga sebagai penerima, tapi hanya memiliki satu arah polarisasi saja dan ke arah tertentu.
  • Antena Omnidirectional merupakan antena yang berfungsi hanya sebagai pemancar saja dan memiliki polarisasai ke segala arah atau 360 derajat.

Adapun berikut ini adalah macam-macam antena beserta fungsinya :

1. Antena Grid

fungsi antena grid

Antena grid memiliki bentuk fisik menyerupai jaring dan termasuk antena Directional yang memiliki satu arah polasasi dan ke arah tertentu. Antena jenis ini sering digunakan Client jarak jauh dengan menggunakan teknologi Point to Point dimana pemancar dan penerima sama-sama menggunakan antena grid.

Fungsi dari antena grid yaitu menerima dan mengirimkan sinyal data dengan menggunakan sistem gelombang radio. Terdapat 2 frekuensi dari sistem gelombang radio yang dimiliki antena ini yaitu 2,4 GHz dan 5,8 Ghz.  Grid memiliki gain hingga 27 dBi.

Antena grid merupakan salah satu jenis antena pemancar Wifi yang banyak digunakan dan cukup populer. Sudut pola pancaran pada Grid lebih fokus pada titik tertentu sesuai dengan pemasangannya.

2. Antena Yagi

fungsi antena yagi

Antena Yagi adalah antena pemancar yang berbentuk seperti tulang ikan dan  diciptakan oleh Hidetsugu Yagi. Antena Yagi dilengkapi dengan pengarah dan pemantul yang memiliki bentuk batang. Antena yang juga termasuk dalam jaringan PtP (Point to Point) ini merupakan antena yang jarang digunakan dalam sebuah jaringan.

Tidak jauh berbeda dengan antena grid, Yagi juga memiliki polarisasi searah sehingga harus diarahkan ke antena pemancar di tempat lain dan lebih cocok digunakan sebagai mode client. Antena jenis ini juga memiliki 2 frekuensi yaitu 2,4 GHz dan 5,8 GHz serta gain hingga 16dBi.

Antena Yagi terdiri dari 3 bagian utama, antara lain :

  • Driven, adalah titik catu dari kabel antena dan memilki panjang fisik setengah panjang gelombang dari frekuensi radio yang dipancarkan atau diterima.
  • Reflektor, adalah bagian belakang antena yang berfungsi sebagai pemantul sinyal dan memiliki panjang fisik lebih panjang dibandingkan dengan Driven.
  • Director adalah bagian pengarah antena, yang berukuran lebih pendek daripada driven.

3. Antena Parabolik (Solid Disk)

jenis antena parabolic

Antena Parabolik merupakan antena yang juga hampir mirip dengan antena Grid, namun memiliki jangkauan yang lebih fokus. Antena jenis ini memiliki gain antara 18-28 dBi dan diaplikasikan untuk tipe jaringan Point to Point  jarak menengah hingga jarak jauh.

4. Antena Omni

fungsi antena omni

Antena Omni adalah antena yang memiliki bentuk menyerupai tongkat dengan ukuran kecil. Antena ini memiliki pola pemancaran sinyal ke segala arah dengan daya yang sama yang membentuk semacam lingkaran (360 derajat) guna menghasilkan cakupan yang luas. Meskipun cakupannya terbilang luas, namun jangkauannya tetaplah pendek.

Omni juga memiliiki 2 frekuensi yaitu 2,4 Ghz dan 5,8 Ghz dan memiliki gain antara 3-13 dBi. Biasanya antena Omni banyak digunakan sebagai Hotspot di area sekolah, supermarket, perkantoran, dan warung yang menyediakan WiFi.

5. Antena Sectoral

jenis antena sectoral

Jenis antena sector mirip dengan antena omni yang mampu menampung 5 klien sekaligus dan juga digunakan dalam jaringan Point to Multi Point. Jika pada antena omni polarisasinya ke segala arah hingga sampai 360 derajat, pada antena sectoral memiliki polarisai dengan arah tertentu yakni 180 derajat.

Antena Omni memiliki gain antara 10-19 dBi dan memiliki cakupan yang tidak terlalu luas namun mampu menjangkau jarak lebih jauh. Biasanya antena yang berbentuk tabung ini dipasang secara vertikal dengan sectoral sudut sebesar 120 derajat, namun beberapa ada juga yang memasannya secara horizontal. Umumnya antena sectoral diaplikasikan oleh tower GSM HP.

6. Antena Wajan Bolik

jenis antena wajanbolic

Antena WajanBolik hampir mirip dengan Antena Parabolik, hanya saja pada bagian reflektor parabolic-discnya menggunakan bahan wajan. Biasanya antena wajanbolic banyak diaplikasikan untuk memperkuat sinyal yang berasal dari Hotspot dengan jarak jauh dan sulit ditangkap oleh USB Wireless Adapter.

7. Antena PVC

jenis antena pvc

Antena PVC yang juga termasuk jenis antena pemancar WiFI ini terbuat dari pipa PVC yang dilapisi aluminium foil. Sehingga antena ini lebih tahan terhadap berbagai cuaca dan tidak mudah berkarat meskipun dipasang di luar ruangan. Akan tetapi, antena PVC hanya mampu mencakup sinyal dalam jarak dekat antara 200-300 meter saja.

Beberapa keunggulan dari antena jenis PVC ini adalah :

  • Mampu memperkuat sinyal modern, handphone dan Wlan USB
  • Mudah dipasang dan simple dalam pembuatannya
  • Harganya lebih murah dibanding dengan antena jenis lain

8. Antena 8 Quad

jenis antena 8 quad

Pada prinsipnya, jenis antena pemancar WiFi ini masih merupakan bagian dari antena jenis sectoral. Karena pola pemancaran sinyalnya dalam satu arah jika dibuar sudut arah yang lebar. Antena jenis ini materialnya lebih sedikit, berukuran relatif kecil  dan ringan serta memiliki gain sekitar 14 dBi. Biasanya antena 8 Quad banyak diguankan untuk access point ketika klien berada di sebuah area.

Demikan adalah macam macam antena yang paling banyak digunakan dalam jaringan. Semoga dengan menguasai setiap jenis antena dapat memberikan manfaat bagi anda.

pengertian turbin

Macam Macam Turbin Beserta Penjelasannya

arga in elektro
  ·   3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *