Listrik

Cara Memasang Terminal Listrik Lengkap

Tidak sedikit terminal listrik yang saat ini beredar di pasaran ternyata masih sangat jauh dari standar kelayakan. Misalnya seperti penggunaan kabel dengan...

Written by arga · 2 min read >

Tidak sedikit terminal listrik yang saat ini beredar di pasaran ternyata masih sangat jauh dari standar kelayakan. Misalnya seperti penggunaan kabel dengan ukuran yang kecil ataupun bahan steker yang berkualitas rendah, yang dapat dengan mudah mengakibatkan stop kontak terbakar. Solusinya anda dapat membuat sendiri terminal listrik yang lebih aman. Berikut adalah panduan lengkap dan cara memasang terminal listrik.

Terminal Listrik

Karena banyak sekali perangkat elektronika yang dimiliki, seringkali  jumlah stop kontak pada instalasi listrik di rumah tidak cukup dalam memenuhi kebutuhan penghuni rumah. Maka solusinya adalah menggunakan colokan atau terminal listrik.

Terminal atau yang sering disebut dengan colokan listrik ini terbilang hemat dan praktis. Selain tidak perlu membuat stop kontak di dinding, peralatan listrik ini dapat dibawa kemana saja. Banyak sekali jenis terminal listrik yang dijual di pasaran, namun sebagian besar memiliki ukuran kabel dan kualitas yang belum layak.

Membuat sendiri terminal atau colokan listrik merupakan pilihan yang tepat, bila perangkat elektronika  anda memiliki daya yang cukup besar. Akan tetapi, jika pemakaian daya perangkat elektronik terbilang kecil, seperti charger HP, Speaker, TV, dan lain lain , anda dapat membeli terminal listrik yang sudah jadi.

Cara Memasang Colokan / Terminal Listrik

Cara merakit Stopkontak Paralel  atau terminal listrik ini cukup mudah dan tidak terlalu membutuhkan banyak bahan material.

Alat :

  • Obeng Plus
  • Obeng Minus
  • Tang Kombinasi
  • Pisau Cutter

Bahan :

  • Kabel

kabel

Pastikan anda menggunakan kabel yang berkualitas baik. Kualitas kabel akan sangat menentukan daya tahan kabel listrik yang akan anda gunakan. Sementara untuk panjang kabel, dapat anda sesuaikan dengan lokasi perangkat elektronik anda. Bila anda ingin membuat banyak colokan atau terminal listrik maka buatlah panjang secukupnya saja, agar lebih rapi.

  • Terminal Kuningan

terminal listrik

Terminal kuningan bisa anda temukan di pasaran dengan berbagai jenis modelnya. Anda juga harus cermat dalam memilih terminal kuningan dengan kualitas yang tidak asal asalan. Untuk jumlah colokan listrik, ada yang 3, 4 dan 6, sesuaikan dengan kebutuhan peralatan listrik anda.

  • Steker

steker

Colokan atau steker yang berguna sebagai penghubung ke arus listrik.

Langkah-langkah :

Memasang Kabel pada Steker

langkah dalam memasang steker

  1. Pertama ambil steker, dan bongkarlah badan steker dengan cara melepaskan sekrup penguncinya.
  2. Selanjutnya pastikan kabel dalam kondisi baik. Kupas salah satu ujung kabel, bisa menggunakan tang maupun steker.
  3. Sesuaikan panjang kabel yang anda kupas dengan bagian steker. Kupaslah kulit pada ujung kabel-kabel tersebut hingga terlihat kawat tembaga dengan panjang sekitar 1 cm.
  4. Mulailah dengan menghubungkan kabel dengan steker.

memasang steker

  • longgarkan kedua sekrup yang berfungsi sebagai sebagai pengunci kabel, dan masukkan kabel ke lubang pengunci sampai ujung kabel menjangkau sekrup penghubung kabel. Dan kencangkan kembali kedua sekrup agar kabel terkunci.
  • Pasangkan kabel hitam dan biru pada masing-masing baut terminal steker yang terhubung ke kedua kaki steker. Bila ada kabel ground/arde yang berwarna hijau kuning bisa dipasang ke bagian plat yang terhubung grounding di tengah steker.

Memasang Kabel pada Terminal Kuningan

  1. Sekarang ambil colokan atau terminal kuningan. Bukalah semua sekrup pengunci yang ada pada terminal listrik menggunakan obeng.
  2. Kupaslah kabel tadi pada ujung yang satunya, lakukan seperti pemasangan steker di atas. Sesuaikan panjang kabel dengan bagian terminal kuningan. mengupas kabel untuk terminal kuningan
  3. Hubungkan kabel yang telah dikupas ujungnya pada masing-masing plat penghubung kabel di terminal listrik, pada kabel hitam dan biru dipasang pada plat yang berada di sisi kanan dan kiri. Sementara bila ada kabel ketiga atau groun/arde dapat dipasang pada plat yang berada bagian tengah. memasang kabel pada trminal listrik
  4. Jangan lupa untuk memastikan bahwa semua kabel telah terpasang dengan benar dan kuat. Terakhir, rangkai kembali badan terminal listrik, dan pasang sekrup pengunci dengan kencang menggunakan obeng.

memasang terminal kuningan

 

Bila steker dan terminal kuningan telah terpasang dengan benar, lakukan pengujian terminal listrik yang anda buat, bisa dengan menggunakan testpen.

Demikianlah panduan dan cara lengkap dalam memasang colokan atau terminal listrik sendiri. Bagaimana, cukup mudah bukan ?

Semoga informasi di atas dapat membantu pekerjaan anda dan bermanfaat.

1 pk berapa watt

Cara Menghitung 1 HP / PK Berapa Watt ?

arga in Listrik
  ·   2 min read
1 kva berapa watt

Cara Menghitung 1 KVA Berapa Watt ?

arga in Listrik
  ·   3 min read
cara menghitung 1 ampere berapa watt

Cara Menghitung 1 Ampere Berapa Watt ?

arga in Listrik
  ·   3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *