Listrik

Cara Memasang Stop Kontak dan Kabelnya Lengkap

Pasti banyak dari kita yang ingin memasang atau mengganti stop kontak yang sudah rusak. Namun tidak sedikit juga yang takut bahkan tidak...

Written by arga · 3 min read >
cara memasang stop kontak

Pasti banyak dari kita yang ingin memasang atau mengganti stop kontak yang sudah rusak. Namun tidak sedikit juga yang takut bahkan tidak tahu harus memulainya dari mana. Bagi anda yang mungkin memiliki stop kontak dirumah tapi sedang rusak atau ingin memasang stop kontak baru, jangan bingung. Pada artikel ini, anda akan dijelaskan lengkap dari cara kerja sebuah stop kontak hingga cara mengganti dan memasang stop kontak baru.

Cara Kerja Stop Kontak

Stop Kontak merupakan salah satu peralatan listrik yang sering ditemukan pada instalasi listrik di rumah maupun industri. Fungsi dari Stop kontak adalah sebagai tempat menghubungkan aliran dari sumber listrik dengan peralatan elektronik atau listrik di rumah.

Stop kontak sering dikenal sebagai tempat mencolokkan steker listrik, yang biasa terpasang pada berbagai peralatan listrik atau elektronika di rumah. Pada umumnya, Stop kontak terbuat dari bahan plastik/ PVC atau juga bisa jenis isolator lainnya.

cara memasang stop kontak

Dari strukturnya, stop kontak memiliki dua buah lubang tempat colokan, dimana kedua lubang ini sebagai tempat untuk menyambungkan kabel listrik Fasa dan Netral. Biasanya, pemasangan stop kontak juga disertai dengan terminal untuk kabel arde, tujuannya agar instalasi listrik dan peralatan listrik di rumah menjadi lebih aman digunakan.

Secara sederhana, prinsip kerja stop kontak yaitu sumber listrik dialirkan menuju ke stop kontak melalui kabel. Ketika perangkat listrik disambungkan ke stop kontak, maka listrik yang terkumpul di stop kontak akan mengalir melalui steker dan kabel hingga menuju ke perangkat elektronik.

Umumnya, kerusakan yang terjadi pada sebuah stop kontak disebabkan dua hal. Pertama dikarenakan kabel pada stop kontak yang telah mengalami rusak dan kedua kerusakan perangkat stop kontak itu sendiri.

Cara Memasang Stop Kontak Baru

skema pemasangan stop kontak

Pemasangan stop kontak di rumah terbagi menjadi dua jenis pemasangan, yakni pemasangan di dalam tembok (Inbow) dan yang kedua pemasangan di luar tembok atau tidak tertanam di dalam tembok (Outbow).

Umumnya banyak orang yang lebih menyukai stop kontak dipasang atau ditanam di dalam tembok, karena stop kontak di dalam tembok lebih aman dan terhindar dari kerusakan serta rapi. Namun sedikit rumit karena harus membobok tembok terlebih dahulu sebagai tempat penanaman stop kontak dan kabel-kabelnya.

Bahan – Bahan

  • Stop Kontak ( Usahakan Standar SNI)
  • Kabel NYA atau NYM
  • Pipa PVC
  • Isolasi

Alat – alat :

  • Testpen
  • Obeng Plus/Minus
  • Bor Listrik
  • Palu
  • Tang Kombinasi
  • Pahat
  • Paku

Langkah – langkah memasang stop kontak baru :

  1. Pertama, yang harus selalu dan selalu diingat untuk memastikan tidak ada aliran listrik. Matikan MCB utama sebagai sumber aliran listrik. Bahkan ada baiknya periksa apakah ada aliran listrik menggunakan testpen, guna memastikan sumber listrik benar-benar putus.
  2. Buatlah lubang di tembok yang memiliki kedalaman sesuai dengan pipa, dan tempat stop kontak yang ingin anda pasang, bisa menggunakan Bor listrik. Jangan lupa buatlah jalur pipa di tembok dari plafon menuju lubang stop kontak.
  3. Pemasangan kabel Fasa dan Netral sesuai dengan posisi pada jalur sumber listrik dalam instalasi listrik yang sudah ada. Sambungkan kabel tersebut dengan sumber listrik dari kabel terdekat dan jangan lupa untuk menutup sambungan kabel menggunakan isolasi.
  4. Pasang pipa sebagai jalur kabel yang sebelumnya telah dirangkai dengan panjang dan bentuknya pas. Masukkan kabel yang telah tersambung dengan sumber listrik tadi ke dalam pipa PVC bersama dengan kabel arde. Pastikan masih terdapat ujung kabel di ujung pipa. Ada baiknya tahan posisi pipa dalam lubang dinding menggunkaan beberapa paku.
  5. Pasangkan stop kontak pada lubang yang sudah terbuat.
  6. Potong masing-masing ujung kabel seperlunya saja, tujuannya agar panjang inti kabel yang dikelupas hanya untuk pemasangan pada terminal. Kemudian pasang kabel Fasa, Netral dan Arde pada masing-masing baut terminal kabel yang ada pada stop kontak. Untuk kabel Fasa dan Kabel netral dipasang pada terminal yang berada di sebelah kiri dan kanan, smeentara untuk Kabel arde biasanya berada pada terminal bagian tengah.
  7. Pastikan baut pengikat kabel telah terpasang dengan benar dan kuat, dan juga pastikan tidak ada inti kabel yang bersentuhan dengan kabel lain maupun benda lainya.
  8. Terakhir pasang penutup Stop kontak.
  9. Sebelum menguji stop kontak, pastikan semua terpasang dengan benar. Kemudian bisa dimulai dengan menyalakan MCB induk dan cobalah menggunakan testpen atau juga bisa menyalakan salah satu peralatan elektronik. Apabila perangkat elektronik tersebut mampu menyala dengan baik, maka selanjutnya lubang jalur pipa di tembok sudah dapat ditutup / disemen kembali.

Cara Memasang dan Mengganti Stop Kontak

cara memasang kabel pada stop kontak

  1. Matikan sumber listrik pada MCB Utama seperti biasa agar tidak ada aliran listrik pada jaringan listrik. Jangan lupa untuk selalu memastikannya kemudian menggunakan Testpen.
  2. Pertama, buka semua baut pada penutup stop kontak dnegan menggunakan obeng.
  3. Lepaskan semua kabel yang terpasang pada baut terminal Stop kontak tersebut. Kemudian setelah semua terlepas, longgarkan baut pengait dan lepaskan stopkontak dari tembok.
  4. Pasang Stopkontak baru pada tempat tadi dan kencangkan baut pengait dengan benar.
  5. Sambungkan kembali kabel-kabel tadi ( Fase, Netral dan Arde) sesuai dengan masing-masing terminal. Pastikan kabel telah terpasang dengan benar dan terikat pada buat dengan kencang.
  6. Pasang penutup stopkontak dan kencangkan baut pengikatnya.
  7. Uji stop kontak untuk memastikan apakah pemasangan telah terpasang dengan benar, bisa menggunakan test pen maupun dengan menyalakan perangkat elektronik.

Tips Memilih Stop Kontak yang Bagus

tips memilih stop kontak

Kualitas dari stopkontak yang anda pasang di rumah bharus diperhatikan betul. Apabila sebuah stop kontak yang terpasang tidak memiliki kualitas yang bagus maka akan cepat longgar dan rusak.

Setiap sambungan listrik pada stop kontak yang kurang baik atau longgar akan mudah menyebabkan kegagalan sambungan listrik. Artinya stop kontak tersebut  akan sering mengalami putus nyambung. Hal ini akan menghasilkan panas yang berlebihan dan dapat mengeluarkan percikan-percikan api dari listrik.

Akibatnya, stopkontak akan terbakar dan pasti membahayakan rumah tersebut.

Berikut adalah tips dan ciri-ciri stop kontak yang memiliki kualitas bagus.

  1. Harga, pada umumnya stop kontak dengan harga yang murah memiliki kualitas yang kurang bagus. Untuk itu carilah stop kontak dengan harga yang lebih menengah dan SNI.
  2. Merk, ini adalah penting. Gunakan stop kontak yang merupakan merk terkenal di pasaran yang disarankan PLN dan sudah umum digunakan.
  3. Bahan Plat Penjepit, Stop kontak yang bagus memiliki bahan plat penjepit dari bahan kuningan karena bahan kuningan dapat menghantarkan arus listrik dengan baik. Untuk plat penjepit yang berbahan besi atau seng kurang baik dalam menghantarkan arus listrik dan mudah panas.
  4. Body Penutup, Badan penutup stop kontak berfungsi untuk mencegah adanya aliran listrik ke tempat lain yang tidak diinginkan. Untuk itu pilihlan body stop kontak yang lentur dan tebal, agar lebih tahan terhadap panas dan tidak mudah terbakar.
  5. Penjepit Arde, pilihlah Stop Kontak yang dilengkapi dengan plat penahan yang berfungsi sebagai penghubung steker ke kabel arde.

Demikianlah Panduan dan Cara Memasang Stopkontak baru maupun mengganti. Jangan lupa untuk selalu utamakan keselamatan dan Semoga bermanfaat…

1 pk berapa watt

Cara Menghitung 1 HP / PK Berapa Watt ?

arga in Listrik
  ·   2 min read
1 kva berapa watt

Cara Menghitung 1 KVA Berapa Watt ?

arga in Listrik
  ·   3 min read
cara menghitung 1 ampere berapa watt

Cara Menghitung 1 Ampere Berapa Watt ?

arga in Listrik
  ·   3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *