Cara Menghitung 1 KVA Berapa Watt ?

Hanya sedikit orang yang tahu 1 KVA berapa watt dan bagaimana perbedaan satuan listrik antara KVA, KW, maupun KWH. Namun meski bukan seorang teknisi listrik, ada baiknya jika anda memahami konversi listrik karena semua daya peralatan listrik dalam bentuk Watt dan ketersediaan listrik di rumah dari PLN dalam bentuk KVA atau VA (900 VA, 1300 VA, dsb).

Untuk menjawab semua pertanyaan yang banyak dilontarkan 1 KVA berapa watt , berikut ini adalah penjelasan yang cukup simpel dan memudahkan anda dalam memahami dan menguasai konversi besaran-besaran listrik antara KVA, VA dan Watt.

Menghitung KVA, KWn dan KVAr

Dalam ilmu kelistrikan terdapat 3 macam daya listrik yang biasa dinyatakan hubungan ketiganya  dalam segitiga daya. 3 macam daya listrik tersebut antara lain :

segitiga daya

  • Daya Semu (KVA)
  • Daya Aktif (KW)
  • Daya Reaktif (KVAr)

Dalam segitiga daya listrik terlihat bagaimana terlihat hubungan antara VA, Watt dengan Var serta faktor daya yang mempengaruhi nilainya.

Lantas 1 KVA berapa watt ?

Sekarang mari kita mengenal masing masing jenis daya listrik terlebih dahulu untuk lebih mudah memahami konversinya.

KVA

KVA atau Kilo Volt Ampere, yaitu daya listrik dengan kapasitas tidak terlalu besar dan cukup dengan menggunakan satuan daya listrik VA (Volt Ampere).

1 KVA   =  1000 VA

Besaran daya dalam satuan KVA belum merupakan daya sebenarnya, sehingga total daya dalam KVA disebut dengan Daya Semu atau daya nyata ditambahkan dengan daya aktif.

Satuan KVA didapatkan dari hasil perhitungan rumus daya atau sering disebut dengan Daya Nominal (Daya yang Tertulis).

KW

KW atau Kilo Watt, yaitu daya listrik yang memiliki nilai lebih kecil dan cukup dengan menggunakan satuan watt (W).

1 KW    = 1000 Watt

Besaran daya dalam satuan KW merupakan besaran daya yang sebenarnya sehingga total daya dalam KW sering disebut dengan Daya Aktif.

Satuan KW didapatkan dari hasil perhitungan perkalian Daya Semu (KVA) dengan Faktor Daya (Cosphi).

Bila ternyata nilai Cosphi = 1, maka nilai 1 KVA = 1 KW

KVar

Kvar atau Kilo Volt Ampere Reaktif, yaitu  satuan daya listrik yang lebih kecil dan menggunakan satuan Var (Volt Ampere Reaktif).

1 KVAr   =   1000 Var

Besaran daya dalam satuan KVAr merupakan besaran daya reaktif yang dihasilkan dari berbagai peralatan listrik yang digunakan atau dinyalakan.

Semakin besar daya reaktif yang dihasilkan maka semakin besar kerugian (Selisih antara Daya Semu dengan Daya Nyata) peralatan listrik tersebut.

Persamaan Nilai KVA dan Watt

Setelah memahai definisi dari ketiga satuan daya listrik di atas, ketahui hubungan dari ketiga besaran tersebut.

1 KVA adalah 1000 VA, tetapi tidak dapat dikatakan sama dengan 1000 Watt. Seperti yang telah dijelaskan di atas satuan KW (Kilo Watt) atau  Watt didapatkan dari hasil perkalian antara Daya Semu (KVA) dengan Faktor Daya (Cos phi).

Sehingga untuk mengetahui 1 KW berapa KVA atau 1 KVA berapa watt, maka harus diketahui berapa besar nilai Cosphi atau faktor daya alat listrik tersebut.

Cos Phi atau Faktor Daya

cara menghitung segitiga daya

Cos Phi adalah faktor daya listrik dimana nilai phi merupakan sudut antara daya semu (VA) terhadap daya nyata/aktif (Watt) pada segitiga daya listrik.

Nilai Daya Semu = Daya Aktif atau 1 VA  =  1 Watt jika nilai Cos Phi adalah 1. Artinya hal ini tidak ada kehilangan daya dan dianggap tidak ada faktor daya atau cosphi.

Akan tetapi karena pemakaian berbagai peralatan listrik yang menghasilkan induksi magnetik, maka akan menyebabkan timbulnya daya reaktif atau daya yang hilang. Karena adanya daya reaktif yang menyebabkan kerugian daya inilah sehingga nilai daya aktif / nyata akan selalu lebih kecil dibanding dengan Daya Semu.

Perbandingan  antara besar daya aktif dan daya semu inilah yang disebut dengan faktor daya (Cosphi) yang selalu bernilai dibawah 1 (<1,00).

Semakin banyak penggunaan peralatan listrik yang menghasilkan induksi magnetik, maka semakin besar pula daya reaktif yang dihasilkan. Semakin besar daya reaktif maka semakin besar juga kerugian daya sehingga akan menyebabkan faktor daya (Cosphi ) semakin rendah.

1 KVA berapa watt ?

Jawabannya adalah relatif, tidak akan ada hasil yang konstan atau tetap dan sangat tergantung akan berapa besar nilai faktor daya / cosphi.

1 KVA = 1 KW atau 1 KVA = 1000 Watt, Jika nilai Cosphi 1. Tapi hal ini sangatlah tidak mungkin terjadi mengingat dalam penggunaan peralatan listrik selalu menyebabkan kerugian daya dan akhirnya timbulnya faktor daya.

Untuk mengetahui nilai Daya Listrik (Watt) dari KVA maka harus diketahui dan dihitung dengan besar faktor daya atau cosphi.

Bila anda telah mengetahui nilai cosphi dari sebuah pembangkit listrik atau beban listrik, maka anda cukup mengalikan nilai VA terhadap nilai cos phi.

Contoh Kasus

  1. Sebuah generator atau genset tertulis daya sebesar 100 KVA dengan nilai Cosphi sebesar 0,8 , maka berapa kemampuan daya listrik (KW) pembangkit listrik tersebut ?

Diketahui :

Daya Semu : 100 KVA

Faktor Daya : 0,8

Maka :

KW   =  KVA  x  Cosphi

=  100  KVA  x  0,8

         = 80 KW

Sehingga generator dengan 100 KVA memiliki kapasitas maksimal daya sebesar 80 KW atau 80.000 Watt. Atau perbandingannya dengan nilai di atas yakni 1 KVA = 0,8 KW atau 800 Watt.

Nah, jadi pasti anda sudah menjawab semua pertanyaan anda 1 KVA berapa watt. Untuk memperjelas anda mengenai Cos Phi berikut perumpamaan faktor daya.

Perumpamaan Faktor Daya atau Cos Phi

Ketika  anda memasak air di dalam sebuah bejana atau panci sebanyak 1 liter. Saat air tersebut mendidih maka akan terjadi penguapan dan menyebabkan sebagian air berubah menjadi uap. Misalnya jumlah air yang menguap adalah sekitar 0,1 liter, maka sisa air yang berada dalam bejana adanya sebanyak 0,9 liter.

Maka dapat diibaratkan :

  • Air sebelum dimasak sebanyak 1 liter diibaratkan sebagai Daya Semu
  • Air yang menguap atau hilang dapat diibaratkan sebagai Daya Reaktif
  • Air yang tersisia diibaratkan sebagai Daya aktif atau Daya Sebenarnya

Maka Cosphi atau Faktor Daya adalah 0,9 liter/1 liter  = 0,9

Demikianlah penjelasang yang cukup singkat dan simpel mengenai 1 KVA berapa watt, semoga dapat mencerahkan dan memudahkan anda semua dalam memahami konversi satuan daya listrik di atas.

  • Add Your Comment