Listrik

Cara Menghitung 1 HP / PK Berapa Watt ?

Pada beberapa peralatan elektronika tertentu seperti pada pendingin ruangan atau AC (Air Conditioner) memilki satuan daya listrik dalam bentuk PK atau HP....

Written by arga · 2 min read >
1 pk berapa watt

Pada beberapa peralatan elektronika tertentu seperti pada pendingin ruangan atau AC (Air Conditioner) memilki satuan daya listrik dalam bentuk PK atau HP. Nah, pasti sebagian besar dari anda bertanya-tanya, 1 PK berapa watt atau 1 HP berapa watt ??? Untuk menjawab pertanyaan anda semua, berikut adalah penjelasan singkat dan simple yang akan menjawab 1 PK berapa watt atau 1 HP berapa Watt .

1 PK berapa watt ?

PK merupakan singkatan dari Paar den Karft dari Bahasa Belanda yang artinya adalah daya kuda. Daya kuda bila diterjemahkan dalam bahasa Inggris adalah Horse Power atau HP. Sehingga 1 PK = 1 HP.

1 HP (Horse Power) sama dengan 745,7 Watt atau 0,7457 KW. 1 KW (1000 Watt) sama dengan 1,34 HP.

  • 1 PK =  745,7 Watt
  • 1 HP =  745,7 Watt
  • 1 PK =  1 HP   =  745,7 Watt

Jadi, satuan listrik PK  sama besar dengan HP dan merupakan satuan besaran daya listrik yang dapat dikonversikan menjadi satuan watt.

½ PK berapa Watt ??

1 PK    =   745,7 Watt

½ PK  =   0,5   x 745,7 Watt

=   372 Watt

Sejarah Satuan PK dan HP

PK  adalah singkatan dari bahasa Belanda yaitu  Paar den Kraft, yang memiliki arti daya kuda. Sementara HP adalah singkatan dari bahasa Inggris yaitu Horse Power, yang juga berarti Daya Kuda.

Meski satuan listrik PK dan HP sama-sama memiliki arti daya kuda, namun sebetulnya keduanya memiliki perbedaan nilai ketike dikonversikan ke dalam satuan watt.

Bagaimana bisa 1 PK sama dengan 7,45,7 Watt  ?

Awalnya Satuan daya dengan menggunakan tenaga kuda, daya kuda atau Horse Power (HP) dikemukakan oleh Ilmuwan penemu mesin uap, yaitu James Watt. Perkembangan mesin uap menjadi sebuah alasan untuk membandingkan kemampuan mesin uap dengan tenaga kuda. Hal ini juga melatar belakangi James Watt dalam memasarkan mesin uap yang dikembangkannya.

Mesin Uap dengan Tenaga Kuda

Pada mulanya istilah daya kuda digunakan untuk membandingkan performa antara mesin uap dengan tenaga kuda. Pada masa itu, masih banyak orang  yang menggunakan kuda sebagai hewan penggerak, baik untuk kendaraan atau mesin-mesin penggilingan.

Untuk menyakinkan agar masyarakat menerima dan mau membeli mesin uap yang diproduksinya, maka James Watt melakukan perbandingan dan percobaan untuk dapat mengetahui berapa perbandingan tenaga dari mesin uap dengan tenaga kuda.

Saat itu James Watt menghitung bahwa seekor kuda mampu memutar sebuah mesin penggilingan sebanyak 144 kali dalam satu jam atau 2,4 kali dalam satu menit. Radius roda yang berputar adalah 12 kaki, sehingga seekor kuga bergerak sejauh 2,4 x 2pi x 12 kaki dalam satu menit.

James watt yakin bahwa seekor kuda mampu menarik dengan gaya 180 pound, dan kemudian didapatkan hasil :

cara menghitung 1 pk berapa watt

Nilainya dibulatkan menjadi 33.000 kaki-pound.menit

1 HP (Tenaga Kuda)   =  33000 Kaki-Pound/Menit  (745,7 Watt)

Daya kuda mekanis (Mechanical Horse Power) adalah sebuah nilai yang besarnya setara dengan 550 kali-pound per detik atau 33000 kaki-pound per menit (745,7 Watt)

Dengan demikian, para masyarakat sebagai calon konsumen akan lebih mudah mengkonversi sebuah satuan power listrik atau mekanik kedalam satuan yang lebih umum dalam implementasi dan kondisi lapangan yang akrab dengan masyarakat.

Selain itu, mayarakat juga akan mengetahui seberapa besar keuntungan yang akan mereka dapatkan, jika mereka mengganti tenaga kuda yang sudah biasa digunakan dengan menggunakan mesin uap.

Setelah itu,  satuan Horse Power diadopsi untuk mengukur daya keluaran dari mesin diesel, piston,  turbin, motor listrik dan masih banyak lagi.

Dan seiring dengan perkembangan zaman, munculah berbagai satuan-satuan lain seperti :

  • PS (Pferde Staerke)   =  Bahasa Jerman
  • PK (Paar den Karcht)  = Bahasa Belanda
  • Daya Kuda = Indonesia

Satuan PS dan PK banyak diguankan di berbagai negara Eropa, Amerika Selatan, India dsb. Sementara satuan HP banyak digunakan di negara Amerika dan Inggris Raya. Untuk satuan DK tentu di Indonesia.

Horse Power dari Berbagai Penggunaan

Horse Power (HP), Daya Kuda Mekanik

Daya Kuda Mekanika atau Mechanical Horse Power merupakan nilai daya yang besarnya sama dengan 550 kaki/detik atau 33.000 kaki-pound/menit.

33.000 kaki-pound/menit  = 745,7 Watt

Horse Power (HP), Daya Kuda Metrik

Sedangkan dalam satuan metrik, nilai satu daya kuda atau satu Horse Power (HP) sama dengan 75 kgf-m/detik. Artinya Nilai ini setara dengan 735,499 Watt.

Daya Kuda Boiler atau Boiler Horse Power

Satuan daya kuda boiler digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan suatu boiler uap. Nilai satuan daya kuda boiler setara dengan  daya yang dibutuhkan untuk mengubah air menjadi uap sebanyak 34,5 Pound  air  per jam pada temperature  212 derajat Fahrenheit.  Nilainya sama dengan 9809,5 Watt.

Satuan Daya Kuda atau HP untuk Motor Listrik

Satuan daya kuda atau Horse Power (HP) yang sering digunakan untuk menyatakan besaran daya pada sebuah elektro motor listrik merupakan daya yang diperlukan elektromotor tersebut. Nilai Daya yang tertera pada label merupakan daya output, bukan daya input.

Nilai satu daya kuda atau Horse Power pada elektromotor setara dengan 746 Watt. Namun pada elektromotor listrik yang diproduksi di Eropa dengan standar CER (Continental European) menggunakan dual rating atau satuan HP (Horse Power).

1 Hp elektromotor standar Continental European juga menggunakan nilai daya setara 735 Watt

PS atau Pferder Staerke

PS merupakan satuan yang juga memiliki arti sebagai tenaga kuda, daya kuda atau Horse Power (HP). PS kurang lebih setara dengan 1 metrik Horse Power atau

1 PS  =  1 Metrik HP  =  735,3 Watt

Satuan daya PS sering digunakan untuk menentukan daya suatu mobil, kendaraan, mesin diesel dan sebagainya…

Konversi HP dan PK ke dalam satuan Watt

Sebenarnya nilai atau besaran PS/Pk sedikit berbeda dengan HP. Antara lain adalah :

1 PS / PK  =   0,98  HP

1 PS  / PK  =  0,74  KW

1  KW    =  1,36 PS

1   HP   =  1,01  PS

Namun demikian, di Indonesia sendiri nilai HP disamakan dengan nilai PK.

1 kva berapa watt

Cara Menghitung 1 KVA Berapa Watt ?

arga in Listrik
  ·   3 min read
cara menghitung 1 ampere berapa watt

Cara Menghitung 1 Ampere Berapa Watt ?

arga in Listrik
  ·   3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *