Cara Menghitung 1 Ampere Berapa Watt ?

Sampai saat ini masih banyak orang yang belum paham dan bertanya-tanya, sebenarnya 1 Ampere berapa watt? Memang sangat cukup penting untuk mengetahui konversi satuan listrik ini, terlebih jika anda berada dalam bidang kelistrikan. Berikut ini pembahasan konversi satuan listrik antara watt, ampere dan volt yang akan membuat anda langsung paham 1 ampere berapa watt.

Cara Menghitung Satuan Watt, Ampere dan Volt

Dalam dunia listrik ada 3 jenis satuan listrik yang tidak dapat dipsahkan dan sangat berkaitan erat, yakni Volt, Ampere dan Watt.

Sebelum mempelajari konversi satuan di atas, anda harus menguasai terlebih dahulu apa itu Volt, Watt dan Ampere. Jika anda telah memahami satuan-satuan tersebut,  pasti akan dengan mudah menguasai konversi besaran seperti 1 ampere berapa watt.

Perlu diketahui bahwa ampere dan watt merupakan satuan listrik yang berbeda dan tidak dapat secara langsung dikonversikan,  seperti misalnya 1 ton berapa kilo. Untuk itu harus ada penjelasan sesimple dan sebaik mungkin agar anda dapat memahaminya dengan mudah.

Mengenal Satuan Watt, Ampere dan Volt

Kita bahas pengertian satu per satu  satuan listrik berikut ini :

Watt

Watt merupakan satuan listrik yang menyatakan besaran Daya listrik yang dibutuhkan leh berbagai peralatan listrik. Besaran watt dapat anda temukan pada berbagai peralatan listrik/elekronik di rumah seperti lampu, setrika, mesin cuci, televisi, dan sebagainya.

Untuk menyalakan berbagai peralatan listrik tersebut dibutuhkan berapa besar daya listrik dengan satuan Watt. Misalnya adalah Lampu TL 36Watt, Pompa Air 250 Watt, Mesin Cuci 150 Watt, Stabilizer 500 Watt, dan sebagainya.

Ampere

Ampere merupakan satuan listrik yang menyatakan besaran jumlah arus listrik yang mengalir pada berbagai peralatan arus listrik ketika dinyalakan. Misalnya pada setrika listrik 220 Watt/ 1 Ampere, Mesin Cuci 450 Watt / 2 Ampere dan sebagainya.

Satuan ampere juga menyatakan berapa jumlah arus listrik maksimal yang dapat dialirkan pada peralatan listrik tersebut. Misalnya pada MCB 2 Ampere, StopKontak 16 Ampere dan sebagainya.

Volt

Volt merupakan satuan listrik yang menyatakan besaran tegangan listrik yang dihasilkan dari berbagai sumber listrik dan dibutuhkan oleh peralatan listrik.

Misalnya pada peralatan listrik di rumah seperti pada lampu tertera 220 Volt atau kipas angin 220 Volt. Maka satuan volt di sini menyatakan besaran tegangan listrik yang diperlukan untuk menyalakan berbagai peralatan listrik tersebut.

Ada lagi contoh dari beberapa sumber listrik, seperti Genset 220 Volt, Genset 380 Volt/220 Volt 3 fasa, atau aki 12 Volt. Maka satuan volt di sini menyatakan besaran tegangan listrik yang dapat dihasilkan dari berbagai sumber listrik/ pembangkit listrik tersebut.

Persamaan Nilai Ampere dan Watt

1 ampere berapa watt

Setelah memahami definisi dari satuan listrik di atas, ketahui hubungan dari ketiga satuan tersebut.

Tegangan listrik (Volt) yang dihasilkan dari sumber listrik dialirkan ke suatu peralatan listrik, maka akan menyebabkan timbulnya kuat arus listrik pada peralatan listrik yang disebut dengan Ampere.

Selanjutnya besaran kuat arus listrik yang mengalir dari sumber listrik menuju peratalan listrik tersebut akan dipengaruhi oleh berapa besar nilai tahanan yang dimiliki peralatan listrik tersebut dan akhirnya hasilnya disebut sebagai daya listrik dengan satuan Watt.

1 Ampere Berapa Watt ?

Dari sini pasti sudah agak paham kan, ! Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa antara kuat arus (Ampere) dan Daya Listrik (Watt) merupakan 2 satuan yang berbeda sehingga nilainya tidak bisa dikonversikan.

Namun, daya listrik yang mampu dialiri ketika kuat arus 1 ampere , dapat kita cari bersama.

Anda dapat mencarinya dengan menggunakan rumus daya listrik (Watt):

P  = V . I

P  :  Daya Listrik (Watt)

V   : Tegangan Lisrtrik (Volt)

I    :  Kuat Arus Listrik (Ampere)

Mari kita mencari 1 Ampere berapa watt !

menghitung 1 ampere berapa watt

Contoh Kasus Tegangan Listrik Rumah

Besar tegangan listrik yang digunakan pada rumah-rumah warga sebesar 220 Volt, maka daya listrik yang disupply setiap 1 ampere adalah :

P  =  V  x  I

=  220  x 1

   = 220 Watt

Dari contoh kasus di atas terlihat bahwa setiap kuat arus listrik 1 ampere yang mengalir maka dapat menyuplai daya listrik sebesar 220 Watt.

Contoh Kasus Tegangan Aki/ Baterai

Besar tegangan yang digunakan pada aki/baterai kendaraan mobil atau motor sebesar 12 Volt. Maka besar daya listrik yang mampu disupply oleh setiap 1 ampere dengan tegangan 12 volt juga berbeda , yaitu :

P  = V  x  I

=  12  x  1

   =  12 Watt

Kesimpulan

Dari berbagai contoh kasus di atas dapat kita simpulkan bahwa untuk menentukan 1 ampere berapa watt ? kita tidak akan mendapatkan hasil nilai konstanta atau nilai tetap dan hasilnya juga bervariasi tergantung berapa besar tegangan listriknya.

Contoh Ilustrasi Sederhana

Hubungan dan persamaan ketiga satuan di atas dapat diibaratkan seperti sebuah aliran air di dalam selang menuju bak penampung. Tegangan di sini berperan sebagai selang, air sebagai kuat arus, sementara bak penampung sebagai peralatan listrik yang membutuhkan aliran daya listrik.

menghitung satuan watt dan ampere

autoexpose.org

Gambar di atas merupakan 2 buah selang dimana memiliki diameter yang berbeda yakni 12 cm dan 220 cm. Saat kedua selang di atas mendapat aliran air dengan kecepatan yang sama, maka bak penampung dengan selang mana yang lebih banyak ? tentu selang dengan 220 cm.

Maka dari itu, diameter selang sangat menentukan banyaknya air. Sehingga besar tegangan listrik juga sangat menentukan nilai daya listrik.

Catatan

Perhitungan di atas adalah perhitungan yang sangat sederhana, karena biasanya tegangan listrik rumah dari PLN juga terkadang berbeda tidak konstan 220 V karena dipengaruhi rugi-rugi jaringan.

Untuk mendapatkan perhitungan yang lebih akurat dan karena setiap rumah memiliki nilai faktor daya (Cosphi) beban yang berbeda maka perlu melakukan perhitungan dengan berapa besar Cosphi (faktor daya) terlebih dahulu. Selain itu jika menggunakan listrik 3 phase juga harus menggunakan perhitungan dengan cosphi sebagai berikut :

P   =   V   x  I   x  Cosphi   x Akar3
  • Add Your Comment